Meski Tahu Ini Beraroma Busuk, Kudapan Taiwan Ini Justru Diburu Orang

Devi Setya - detikFood Jumat, 30 Agu 2019 19:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Stinky tofu atau tahu busuk termasuk kuliner populer di Taiwan. Bau tahu yang menyengat menjadikan kudapan ini 'istimewa' karena aroma dan rasanya.

Dilansir dari Taiwanese-Secret (30/8) tahu busuk atau tahu bau adalah olahan tahu yang fermentasi, di China tahu ini dikenal dengan sebutan Chou Doufu. Proses fermentasi yang dilakukan selama beberapa hari membuat tahu memiliki bau khas yang menyengat. Banyak orang menganggap bau hidangan ini mirip kaos kaki basah atau bau keju tua yang menyengat.
Meski Tahu Ini Beraroma Busuk, Kudapan Taiwan Ini Justru Diburu OrangFoto: istimewa

Baca juga : Chou Doufu, Menyengat Baunya dan Lezat!

Di Taiwan, tahu busuk termasuk populer. Camilan ini bisa dengan mudah ditemui di pedaagang pinggir jalan. Terkadang tahu busuk juga dijual di kedai bahkan restoran ternama. Saking bangganya, masyarakat Taiwan bahkan menyebut tahu ini sebagai hidangan nasional.

Orang yang pertama kali menyantap tahu busuk ini harus mengumpulkan nyali untuk menelannya. Namun bagi yang sudah biasa menyantapnya maka akan menganggap hidangan ini punya rasa khas yang enak dan bikin ketagihan.

Tahu busuk biasa disajikan hangat dengan pelengkap kol, bawang putih dan saus pedas. Tahu ini juga biasa disajikan dalam versi goreng.

Di Taiwan ada jalan Shenkend di Shenkeng yang dikhususkan sebagai lapak penjual tahu busuk. Beberapa penduduk lokal menyebut area ini sebagai Stinky Street. Bisa dibayangkan bagaimana aroma semerbak tahu busuk yang menyeruak di sepanjang jalan.

Tahu busuk ternyata memiliki sejarah panjang. Seorang pemuda bernama Wang Zhihe yang berasal dari Huang Shah di Provinsi Anhui jadi orang pertama yang menemukan tahu busuk dimasa Dinasti Qing.

Saat itu Wang gagal mengikuti ujian kekaisaran dan tinggal di Beijing dengan berjualan tahu. Suatu hari, tahu yang dijual Wang tidak habis dan ia menyimpannya di dalam wadah tanah liat.
Meski Tahu Ini Beraroma Busuk, Kudapan Taiwan Ini Justru Diburu OrangFoto: istimewa

Baca juga : 5 Resep Tahu Goreng Enak Buat Ngemil Sore

Setelah beberapa hari, sisa tahu dalam wadah ini berubah menjadi kehijauan dan mengeluarkan aroma busuk. Alih-alih membuangnya, Wang justru mencicip dan ia terkejut dengan rasanya yang lezat.

Akhirnya ia pun mulai menjual tahu busuk ini di tokonya. Alhasil tahu yang resepnya ditemukan secara tidak sengaja ini justru laris manis. Bahkan tahu sampai disajikan secara spesial di Istana Dinasti Qing.

Simak Video "Tahu Camilan Emplod? Begini Cara Bikinnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)