Kini Ada Cretzel, Uniknya 'Perkawinan' Croissant dan Pretzel

Devi Setya - detikFood Kamis, 29 Agu 2019 15:20 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Croissant dan pretzel adalah dua pastry berbeda tapi bukan berarti tak bisa dijadikan satu olahan. Perkawinan antara dua kudapan ini menghasilkan cretzel. Seperti apa keunikannya?

Pada 2013 paduan croissant dan donat berhasil membuat cronut naik pamor. Lanjut di tahun 2017 lahirlah donat bagel dan ada lagi sederet makanan lain yang menarik perhatian. Kini ada lagi cretzel, pastry hybrid paling anyar yang siap menjadi tren.

Dilansir dari Dcist (29/8) cretzel ini dibuat dengan adonan puff pastry yang dipotong dan dibentuk plintir simpul menyerupai pretzel. Karena dibuat menggunakan bahan baku croissant, tentu saja tekstur cretzel terasa empuk dan gurih harum khas mentega.
Kini Ada Cretzel, Uniknya 'Perkawinan' Croissant dan Pretzel Foto: istimewa

Baca juga : Meski Kecil, Gerai Pretzel Ini Bisa Produksi 5 Juta Pretzel Buatan Tangan

Cretzel dibuat atas gagasan Alicia Wang, seorang pastry chef di A Rake's Progress. Dua tahun lalu ia bereksperimen menggunakan sisa-sisa adonan croissant. Biasanya ia hanya menyajikan sisa adonan ini sebagai camilan. Wanita ini juga mengaku pernah membuat berbagai bentuk makanan menggunakan sisa adonan croissant.

Inspirasi membuat croissant pretzel ini berawal dari saudara Wang yang membuat berbagai adonan kue menjadi bentuk pretzel. Saudara Wang ini pernah bekerja di Jerman dan ahli dalam membuat pretzel. Sampai akhirnya mereka mencoba membuat pretzel dengan adonan croissant.

Ternyata cretzel ini mendapat tanggapan positif dari banyak penggemar pastry. Teksturnya yang empuk membuat orang tertarik karena aslinya pretzel cenderung agak keras dan padat seperti roti.
Kini Ada Cretzel, Uniknya 'Perkawinan' Croissant dan Pretzel Foto: istimewa

Jika awalnya mereka membuat cretzel versi original, kini Wang lebih berani menambahkan bahan topping pada cretzelnya. Ia menaburkan keju, wijen hingga rempah-rempah untuk membuat cretzel makin kaya rasa.

Pretzel sendiri adalah pastry Jerman yang cukup klasik. Kue manis ini masih populer hingga sekarang, bahkan banyak pretzel dibuat dengan varian yang tak biasa. Sebelumnya ada pretzel jumbo, pretzel stick hingga pretzel beraneka topping.

Baca juga : Pretzel Jumbo Sebesar Setir Mobil, Siapa Mau?



Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)