KFC Uji Coba Peluncuran 'Fried Chicken' Nabati Berbahan Kedelai

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 28 Agu 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - KFC punya terobosan unik terkait menu fried chicken-nya. Mereka telah menguji menu baru berupa 'fried chicken' yang dibuat tanpa unsur hewani sedikit pun alias vegan.

Kentucky Fried Chicken (KFC) merupakan salah satu gerai makanan cepat saji yang telah mendunia. Hidangan ayam goreng berbalut tepung renyah dan rasa gurih berempah buatan mereka kini digemari orang seluruh dunia. Di Amerika Serikat KFC bahkan menjadi pelopor fried chicken.

Selama lebih dari 88 tahun, hidangan ayam goreng dari KFC tidak pernah kehilangan penggemar setianya. Jadi tak heran jika KFC menciptakan menu baru yang tak kalah enak dan bisa dirasakan oleh siapapun.
KFC Uji Coba Peluncuran 'Fried Chicken' Nabati Berbahan KedelaiFoto: Istimewa

Today (27/8) melaporkan KFC akan menguji menu barunya yaitu ayam goreng atau 'fried chicken' vegan. Mereka akan menawarkannya satu hari saja di Atlanta, Amerika Serikat. Jika pengujian tersebut banyak peminatnya, KFC berencana menyediakan 'fried chicken' vegan di negara lain.

"KFC ingin melakukan tes uji coba yang lebih kecil untuk mengukur ketertarikan pengunjung, apakah akan terjual habis atau tidak," kata juru bicara perusahaan KFC.

'Fried chicken' vegan KFC ini menggunakan pengganti ayam yaitu Beyond Meat yang dibuat dengan protein kedelai, protein kacang polong, tepung beras, serat wortel, ekstrak ragi, minyak sayur, dan zat penstabil. Juga bumbu lainnya seperti garam, bubuk bawang merah dan bubuk bawang putih
KFC Uji Coba Peluncuran 'Fried Chicken' Nabati Berbahan KedelaiFoto: Istimewa

Baca Juga: Kedai Ini Sajikan Burger Masa Depan yang Didukung Bill Gates

Ayam goreng vegan ini dinamakan Beyond Fried Chicken dan akan tersedia sebagai nugget dan sayap tanpa tulang yang dihidangkan dengan saus Honey BBQ. Nugget ini dijual sebanyak 6 atau 12 potong kombo seporsinya dengan minuman yang masing-masing harganya sebesar $ 6,50 atau $ 8,50 atau sekitar Rp 100 ribu.

"KFC Beyond Fried Chicken sangat lezat, pelanggan kami pasti tidak percaya jika ayam ini terbuat dari nabati karena rasanya sama persis dengan Kentucky Fried Chicken" kata Kevin Hochman, presiden dan chief concept officer untuk KFC di Amerika Serikat.
KFC Uji Coba Peluncuran 'Fried Chicken' Nabati Berbahan KedelaiFoto: iStock

Hochman mengaku, ia sudah melakukan pertemuan dengan perusahaan penghasil daging alternatif dari beberapa bulan lalu. Hochman awalnya memang tidak setuju karena menurutnya KFC itu tentang ayam bukan daging.

Namun sekarang semuanya terealisasikan. Terbukti mereka menciptakan kreasi baru pada KFC.

Baca Juga: 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bikin Ayam Goreng ala KFC

Simak Video "Pepsi Bakal Hengkang dari Indonesia, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)