Masakan Rumah Enak

5 Trik Ini Bisa Menyelamatkan Masakan yang Keasinan

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 27 Agu 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Masakan Rumah Enak
Jakarta - Masakan keasinan sering terjadi terutama pada pemasak pemula. Jangan kecil hati dengan sedikit trik makanan bisa tetap diselamatkan rasanya.

Membumbui masakan merupakan hal yang sangat penting ketika memasak. Akan tetapi, sering terjadi kesalahan seperti terlalu banyak menaruh garam hingga bumbu lainnya. Untuk mengurangi rasa asin dari makanan ini, ada beberapa trik yang bisa dilakukan, seperti dilansir dari Epicurious dan berbagai sumber (27/08).

Baca Juga: Ini 5 Kelebihan Kalau Anda Masak Sendiri di Rumah


1. Kentang

5 Trik Ini Bisa Menyelamatkan Masakan yang KeasinanFoto: Istimewa

Jika sedang memasak sup atau pasta dan rasanya terlalu asin, bisa gunakan kentang untuk mengurangi rasa asin tersebut. Caranya cukup mudah dan efektif, hanya perlu mengupas dan membersihkan kentang, kemudian potong kentang tipis dan letakkan ke bagian bawah masakan atau masukkan dalam sup.

Setelah itu diamkan selama beberapa saat, hingga permukaan kentang menjadi transparan. Hal ini menandakan, bahwa kandungan garam dari masakan sudah terserap ke dalam kentang. Setelah itu kentang bisa diangkat, dan rasa dari makanan jadi tak terlalu asin.


2. Gula

5 Trik Ini Bisa Menyelamatkan Masakan yang KeasinanFoto: Istimewa

Bagi yang sering masak, pasti sudah tahu bahwa gula bisa membantu menetralisir rasa ketika Anda terlalu banyak menaruh garam ke dalam masakan. Gula bisa menjadi alternatif, jika di dapur sedang tidak ada kentang.

Hanya saja jangan langsung terburu-buru memasukkan gula dalam jumlah banyak. Cukup taburkan sedikit gula sambil diaduk, kemudian jika masih dirasa terlalu asin bisa ditambahkan lagi sedikit gula. Karena memasukkan terlalu banyak gula dalam waktu yang sama, akan membuat rasa makanan jadi terlalu manis.


3. Tambahkan bahan lain

5 Trik Ini Bisa Menyelamatkan Masakan yang KeasinanFoto: Istimewa

Ada cara lain untuk menyelamatkan makanan yang terlalu asin, yaitu dengan menambahkan bahan-bahan makanan seperti sayuran, mie, nasi, atau daging, sesuai masakan yang ada.

Contohnya jika Anda sedang masak nasi goreng, dan rasanya terlalu asin, bisa tambahkan sedikit nasi putih untuk menetralisir rasa asin. Meskipun porsi makanan jadi lebih banyak, tapi bisa menyelamatkan makanan dari rasa asin.


4. Air jeruk lemon atau cuka
5 Trik Ini Bisa Menyelamatkan Masakan yang KeasinanFoto: Thinkstock

Selain punya rasa yang segar dan asam, air jeruk lemon atau sedikit cuka ini bisa menyeimbangkan rasa makanan yang terlalu asin. Cukup tambahkan sedikit air lemon, atau cuka ke dalam masakan kemudian aduk hingga merata. Jangan terlalu banyak memasukkan dua bahan ini, karena akan membuat rasa makanan jadi cenderung asam.

Banyak juga chef yang menyarankan bahwa air asam dari lemon atau cuka ini bisa digunakan untuk membumbui makanan. Karena dianggap dapat mencegah orang dari membumbui makanan terlalu banyak.


5. Tambahkan air

5 Trik Ini Bisa Menyelamatkan Masakan yang KeasinanFoto: Istimewa

Jika sedang memasak makanan berkuah, seperti sup atau kuah kaldu, dan rasanya terlalu asin, cara yang paling sederhana adalah dengan menambah air ke dalam sana.

Bisa juga menambahkan sedikit larutan dari tepung maizena, atau tepung jagung agar tekstur kuah sedikit kental dan membuat rasa asin terserap. Bagi yang sedang masak makanan bersantan, jika masakan terlalu asin, sisa santan bisa dituangkan sedikit untuk penyeimbang rasa.

Baca Juga: Racikannya Sederhana, Kenikmatan Masakan Rumah Selalu Bikin Kangen

Simak Video "Tips Bikin Nugget Ayam Enak yang Beda!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Masakan Rumah Enak