Masakan Rumah Enak

Racikannya Sederhana, Kenikmatan Masakan Rumah Selalu Bikin Kangen

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 26 Agu 2019 16:52 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Masakan Rumah Enak
Jakarta - Masakan rumah alias home cooking tak pernah lekang oleh waktu. Meski hanya diracik dari bahan sederhana, namun cita rasanya yang nikmat selalu dicari.

Meski ada banyak makanan enak dan menggoda selera di restoran, banyak orang tak bisa berpaling dari lezatnya masakan rumah. Terlebih bagi mereka yang sedang jalani pola hidup sehat ataupun berhemat.

Saat masakan dibuat di rumah, seseorang lebih bisa mengontrol kualitas dan kebersihannya. Mulai dari pemilihan bahan makanan, bumbu, cara menyiapkan, hingga cara mengolah masakan tersebut.

Racikannya Sederhana, Kenikmatan Masakan Rumah Selalu Bikin KangenFoto: iStock

Masakan rumah biasanya dibuat dari resep turun temurun. Dari nenek kemudian ke ibu berlanjut ke anak. Karenanya masakan rumah ada ikatan emosional, ikatan memori, dan kasih sayang yang tak bisa didapat di tempat lain. Itu sebabnya masakan rumahan meski sederhana selalu bikin kangen menikmatinya lagi.

Masakan rumah juga bisa menghemat pengeluaran harian atau bulanan. Dibanding beli makanan di luar yang harganya relatif lebih mahal. Masakan rumah dibuat dengan modal yang lebih kecil.

Baca Juga: 9 Resep Masakan Rumahan untuk Pemula yang Bisa Kamu Coba

Ayam, misalnya, bisa dibeli satu ekor namun diolah menjadi dua hidangan berbeda untuk dua hari berlainan. Bumbu yang dipakai bisa menyesuaikan stok bumbu utama yang selalu tersedia di rumah. Dijamin lebih hemat daripada selalu beli di luar.

Racikannya Sederhana, Kenikmatan Masakan Rumah Selalu Bikin KangenFoto: iStock

Soal variasi menu tentu lebih beragam dan mengikuti selera Anda. Tapi ada beberapa menu yang sudah melekat sebagai makanan rumah dan memiliki versi andalan di rumah masing-masing orang. Sebut saja ayam goreng, sayur bening, nasi goreng, hingga sup ayam.

Membuat menu masakan rumah itu kelihatan mudah, tapi ada tips yang perlu diikuti agar rasanya enak. Kesalahan-kesalahan kecil seperti pemakaian bumbu atau cara mengolah yang tidak tepat bisa membuat rasanya kurang enak.

Selain itu, bagi pemula di dapur perlu mengetahui hal-hal dasar mengenai bumbu dan alat dapur. Misalnya mengenali perbedaan bumbu dapur hingga sutil untuk memasak.

Racikannya Sederhana, Kenikmatan Masakan Rumah Selalu Bikin KangenFoto: iStock

Setelah menguasai resep dan semua bumbu di dapur, penting juga mengetahui tips hemat belanja di tukang sayur atau supermarket. Dengan melakukan beberapa trik, Anda bisa mengurangi pengeluaran uang belanja makanan.

Nah, pada ulasan kali ini detikFood akan membahas tuntas soal tips dan trik membuat masakan rumah enak. Informasinya tentu bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan memasak sehari-hari, terutama bagi pemula di dapur. Simak terus detikFood untuk tahu informasi lengkapnya ya!

Baca Juga: Meski Sederhana, 5 Masakan Ibu Ini Selalu Bikin Kangen Rumah


Simak Video "Makan Ikan Cere Goreng Garing di Warung Cere Bu Tini Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Masakan Rumah Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com