Ini 5 Alasan Kenapa Ayam Goreng KFC Renyah dan Bikin Nagih

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 28 Agu 2019 10:00 WIB
Foto: KFC Foto: KFC
Jakarta - Ayam goreng racikan Colonel H. Sanders kini digemari oleh orang di dunia karena renyah gurihnya. Apa saja rahasia kelezatan ayam goreng ini?

Kentucky Fried Chicken (KFC), merupakan salah satu gerai makanan cepat saji yang mendunia dengan gerai di seluruh dunia. Hidangan ayam dengan balutan tepung yang renyah dan rasa yang gurih berempah kini membuat orang ketagihan. Di Amerika Serikat KFC menjadi pelopor fried chicken.

Selama lebih dari 88 tahun, hidangan ayam goreng dari KFC tidak pernah kehilangan penggemar setianya. Lalau apa yang menyebabkan rasa tradisional KFC sangat bikin orang ketagihan. Inilah 5 penyebabnya seperti dilansir Reader's Digest (26/8) dan berbagai sumber.

Baca Juga: Wajib Coba! 3 Resep Ayam Bakar Rumahan Sederhana



1. Menggunakan 11 Rahasia

Ini 5 Alasan Kenapa Ayam Goreng KFC Renyah dan Bikin NagihFoto: Istimewa

Inilah bumbu yang digunakan oleh KFC supaya rasanya meresap dan kulit ayam menjadi renyah. Campurkan resep rahasia KFC di bawah ini dengan dua cangkir tepung untuk melapisi potongan ayam kemudian dicelupkan ke dalam telur yang sudah dicampur dengan dan susu cair.
Campurkan jadi satu, 2/3 sdm garam, 3 sdm lada putih,1 sdm lada hitam, 1/2 sdm basil bubuk, 1 sdm celery salt, 1 sdm mustard bubuk, 2 sdm garlic salt, 1 sdm jahe bubuk, 1/3 sdm oregano kering, 4 sdm paprika bubuk, dan 1/2 sdm thyme bubuk.


2. Digoreng dadakan

Ini 5 Alasan Kenapa Ayam Goreng KFC Renyah dan Bikin NagihFoto: Istimewa

Setelah ayam dibumbui, ayam jangan dibiarkan lama melainkan harus langsung digoreng. Jika ayam dibiarkan terlebih dahulu, lapisan tepung akan lembek sehingga hasilnya akan kurang renyah dan kulit ayam akan mudah lepas dari ayam.


3. Penggorengan khusus

Ini 5 Alasan Kenapa Ayam Goreng KFC Renyah dan Bikin NagihFoto: Istimewa

KFC menggunakan penggorengan bertekanan khusus untuk industri dengan suhu tinggi. Inilah yang menghasilkan kulit ayam yang ekstra-renyah. Jika Anda tidak memiliki penggorengan yang suhu tinggi, goreng dengan deep fryer, Dutch oven atau panci cekung yang berat. Panaskan minyak hingga 176 - 182 C dan digoreng selama 12 menit.


4. Bahan rahasia

Ini 5 Alasan Kenapa Ayam Goreng KFC Renyah dan Bikin NagihFoto: Istimewa

Menurut Ron Douglas, penulis 'America's Most Wanted Recipes', rahasia untuk mendapatkan tekstur renyah yang sempurna adalah dengan menambahkan penambah rasa monosodium glutamat (MSG). Tambahkan MSG ke dalam campuran bumbu ayam sebelum dilapisi tepung atau taburkan pada daging ayam setelah digoreng.


5. Diamkan beberapa saat

Ini 5 Alasan Kenapa Ayam Goreng KFC Renyah dan Bikin NagihFoto: Istimewa

Di KFC, mereka memasukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam oven yang diatur 80 C selama sekitar 20 menit. Ini artinya, ayam sengaja dimasukkan ke dalam oven supaya proses pemasakan ayam selesai, sambil menjaganya tetap hangat dan kulitnya tetap renyah. Anda bisa lakukan hal yang sama dengan meletakkan ayam goreng Anda dalam oven hangat selama beberapa menit.

Baca Juga: Terungkap! Ini Rahasia Dibalik Ayam Goreng KFC yang Renyah Gurih

Simak Video "Pepsi Bakal Hengkang dari Indonesia, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)