Masakan Rumah Enak

Sop Ayam Kurang Enak? Mungkin Karena 5 Kesalahan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 27 Agu 2019 12:40 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Masakan Rumah Enak
Jakarta - Sop ayam termasuk masakan rumah yang selalu bikin kangen. Tetapi sop ayam sering kurang gurih dan enak yang bisa disebabkan oleh kesalahan sepele.

Terlihat sepele, bikin sop ayam yang kuahnya tidak hambar dan keruh perlu trik. Banyak orang terburu-buru memasukkan ayam hingga tidak menaruh sayuran pada sop ayam di waktu yang pas. Berikut 5 kesalahan yang bisa bikin sop ayam kurang enak.

Baca Juga: Ini Trik Agar Sup Ayam Lebih Gurih Enak

1. Memasukkan ayam saat air belum mendidih

Sop Ayam Kurang Enak? Mungkin Karena 5 Kesalahan IniFoto: iStock

Kunci kelezatan sop ayam ada pada kaldu yang gurih bening. Kaldu dibuat dengan cara merebus potongan ayam dalam air. Namun pastikan tidak memasukkan ayam saat air belum mendidih. Hal ini agar kuah sop ayam nantinya tidak keruh dan anyir.

Cara yang benar adalah didihkan air terlebih dahulu, baru masukkan potongan ayam. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan mendidih perlahan hingga seluruh buih dan kotoran mengapung di permukaan sop. Segera angkat buih ini supaya kuah sop nantinya bening menyegarkan.

2. Tidak menumis bumbu sop ayam

Sop Ayam Kurang Enak? Mungkin Karena 5 Kesalahan IniFoto: iStock

Sop ayam makin enak dengan tambahan bumbu seperti bawang bombay dan bawang putih. Hindari memasukkan bumbu dapur ini dalam keadaan mentah. Masukkan bawang bombay dan bawang putih yang sudah ditumis hingga layu dan wangi.

Kalau memakai bumbu mentah, nantinya sop beraroma langu. Supaya aroma bumbu sop ayam lebih enak, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan mentega. Tetapi jangan terlalu banyak menteganya karena sup akan menjadi berminyak tebal. Jangan lupa tambahkan merica bubuk, pala bubuk, garam, dan sedikit gula.

3. Memasak sayuran terlalu lama

Sop Ayam Kurang Enak? Mungkin Karena 5 Kesalahan IniFoto: iStock

Sayuran dalam sop ayam yang enak adalah yang berwarna cantik dan renyah. Namun banyak orang memasak sayuran terlalu lama dengan merebus bersama dengan ayam. Hasilnya sayuran lonyot dan kuah jadi keruh.

Masukkan sayuran yang keras seperti kentang, wortel, dan kacang merah setelah daging ayam lunak. Nah, untuk brokoli, kembang kol, tomat, dan daun bawang yang cepat layu, masukkan beberapa saat sebelum sop ayam diangkat.

4. Menambahkan terlalu banyak garam

Sop Ayam Kurang Enak? Mungkin Karena 5 Kesalahan IniFoto: iStock

Garam adalah bumbu dapur wajib untuk melezatkan masakan termasuk sop ayam. Tapi kalau terlalu banyak memakainya bisa membuat sop ayam keasinan. Sebaiknya tambahkan garam, merica, atau rempah lainnya di akhir. Sebab kaldu ayam sebenarnya sudah mengeluarkan rasa gurih alami ketika ayam menjadi lebih empuk.

Setelah masukkan garam, cicip dulu rasa sop ayam secara keseluruhan. Kalau kurang asin, baru tambahkan lagi garam. Jangan memasukkan garam sekaligus banyak agar tidak kesulitan memperbaiki rasanya.

5. Langsung mengonsumsi sop ayam

Sop Ayam Kurang Enak? Mungkin Karena 5 Kesalahan IniFoto: iStock

Ternyata cara terbaik menikmati sop ayam adalah tidak mengonsumsinya langsung setelah matang. Setelah mendidih dan matang, diamkan sop hingga dingin bersuhu ruangan selama beberapa jam.

Lalu bagaimana jika sop ayam masih terlihat berlemak? Caranya letakkan es batu dalam sendok sayur lalu putarkan sendok pada kuah sop ayam. Cara ini bisa membuat lemak berkumpul mengitari sendok sayur dan Anda bisa membuangnya.

Baca Juga: Resep Sup :Sup Ayam Kampung



Simak Video "Resep Menu Buka Puasa: Ayam Woku dan Kolak Jagung"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Masakan Rumah Enak