Resep dan Cara Membuat Donat Empuk dan Mudah di Rumah

Puti Yasmin - detikFood Selasa, 27 Agu 2019 10:30 WIB
Resep dan Cara Membuat Donat Empuk dan Mudah di Rumah/Foto: Istimewa Resep dan Cara Membuat Donat Empuk dan Mudah di Rumah/Foto: Istimewa
Jakarta - Donat menjadi salah satu sajian santai yang enak untuk dicicipi. Cara membuat donatnya pun gampang lho dilakukan di rumah. Seperti apa ya?

Ada berbagai varian donat yang kerap dinikmati, misalnya donat kentang, donat ubi, atau donat tanpa ragi. Biar tambah enak lagi, ada cara untuk membuat donat empuk tahan lama.



Resep dan Cara Membuat Donat Empuk dan Mudah di RumahResep dan Cara Membuat Donat Empuk dan Mudah di Rumah Foto: Istimewa


Nah, berikut cara membuat donat empuk dan mengembang sempurna ala detikFood:

Pertama-tama campurkan 500 gram tepung terigu protein tinggi, 100 gram gula, 50 gram susu bubuk full cream, dan 11 gram ragi instan. Aduk hingga adonan donat merata.

Agar donat empuk, salah satu tipsnya dengan memakai kentang. Masukkan 250 gram kentang halus yang telah dikukus dan dihaluskan. Campurkan 4 butir kuning telur dan 100 ml air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.

Cara membuat donat selanjutnya adalah tambahkan 75 gram mentega, dan 1/2 sendok teh garam, uleni terus, hingga kalis elastis. Istirahatkan adonan selama 15 menit sampai donat mengembang.

Bagi-bagi adonan donat yang telah rata menjadi 12 buah dengan bentuk bulat. Kemudian diamkan selama 20 menit agar bisa mengembang sempurna.



Resep dan Cara Membuat Donat Empuk dan Mudah di RumahResep dan Cara Membuat Donat Empuk dan Mudah di Rumah Foto: istimewa

Lubangi tengahnya dengan dua jari telunjuk. Lalu, goreng dengan minyak panas 180 derajat dan api sedang hingga berwarna kuning keemasan. Angka donat dan tiriskan.

Terakhir, taburi donat dengan gula, cokelat, keju sesuai selera. Cara membuat donat kentang ini bisa untuk 12 buah. Mudah kan cara buatnya?

Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)