Booza, Es Krim Mulur yang Sudah DIbuat 500 Tahun Silam

Devi Setya - detikFood Jumat, 23 Agu 2019 16:42 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Es krim dan gelato memang sudah ditemukan ratusan tahun lalu. Tapi ternyata ada yang lebih tua yang sudah dikonsumsi sejak 500 tahun lalu.

Booza merupakan es krim asal Timur Tengah yang populer di daerah Syam. Berbeda dengan es krim pada umumnya, booza memiliki tekstur super elastis. Sekilas gumpalan es krim ini tampak seperti adonan karet.

Pernah melihat es krim khas Turki? Ya, itu adalah jenis booza. Selain lentur, es krim ini juga tak cepat mencair.
Booza, Es Krim Mulur yang Sudah DIbuat 500 Tahun SilamFoto: istimewa

Baca juga : Ini Dia Es Krim Organik Bentuk Unik yang Akan Jadi Tren

Dilansir dari Business Insider (23/8) booza dibuat dengan bahan serta teknik khusus. Bahan utamanya yakni susu dan campuran bubuk akar anggrek serta bubuk kayu damar.

Bahan ini dicampur dan dimasak hingga mendidih. Resep yang digunakan adalah resep klasik yang sudah berusia 5 abad.

Setelah jadi cairan yang kental, adonan ini dimasukkan dalam tabung freezer khusus untuk dibekukan. Prosesnya belum selesai karena booza yang setengah beku ini harus ditumbuk dengan kayu khusus.

Adonan es krim harus ditumbuk hingga teksturnya menjadi lentur dan elastis. Pembuat es krim juga harus menarik-narik adonan yang agak padat ini. Sekilas seperti sedang menguleni adonan roti.

Saat dimakan, booza akan terasa sangat lembut membelai lidah. Meski demikian, booza termasuk es krim yang tak cepat lumer.
Booza, Es Krim Mulur yang Sudah DIbuat 500 Tahun SilamFoto: istimewa

Baca juga : Nyamm! Gerai Ini Punya Platter Es Krim Isi 32 Rasa yang Unik dan Enak

Secara tradisional, booza hadir dalam satu varian rasa yakni rasa qashta atau rasa cream manis. Kini booza banyak dikreasikan dengan berbagai rasa modern.

Di kafe Republic Booza yang ada di New York, booza hadir dengan versi modern. Berbagai varian ditawarkan di sini mulai dari rasa cookies and cream, cokelat, vanila, pistachio, matcha dan lain sebagainya.



Simak Video "Nyamm.. Nikmatnya Icip Matcha Tea Latte dan Soft Cream!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com