Yuk, Bikin Omelet Putih Telur yang Menyehatkan Untuk Sarapan!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 21 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sedang berdiet mengurangi asupan lemak? Kamu bisa bikin omelet putih telur yang lembut, gurih juga tetap bernutrisi. Caranya gampang banget, ikuti cara ini.

Omelet biasanya dibuat dari putih dan kuning telur yang dikocon menjadi satu. Meskipun hanya 1 kuning telur, beberapa orang yang sedang mengurangi asupan lemak karena alasan kesehatan, menghindari konsumsi kuning telur.

Putih telur juga enak dibuat omelet. Nutrisinya juga cukup lengkap. Satu butir putih telur (11 g) mengandung 16 kalori, 2% sodium dan kalsium tetapi tidak mengandung lemak dan kolesterol. Untuk memperkaya nutrisinya tanpa tambahan lemak, putih telur bisa diolah dengan paduan sayuran segar. Seperti bayam, jamur, atau tomat dan wortel.

Meskipun sedikit hambar, putih telur bisa diolah menjadi omelet dengan cara mudah ini.


Yuk, Bikin Omelet Putih Telur yang Menyehatkan Untuk Sarapan!Foto: iStock


1. Siapkan putih telur

Jika memakai telur yang disimpan dalam kulkas, sebaiknya keluarkan dulu dari dalam kulkas. Segera pisahkan putih dan kuningnya. Putih telur lebih kental dan mudah dipisahkan dalam keadaan dingin.

Setelah itu diamkan putih telur beberapa saat agar bersuhu ruangan. Putih telur lebih encer dan mudah untuk dikocok dan mengembang. Untuk 1 porsi bisa kamu siapkan 2 putih telur.

Yuk, Bikin Omelet Putih Telur yang Menyehatkan Untuk Sarapan!Foto: iStock


2. Kocok putih telur

Dengan garpu atau kocokan kawat, kocok putih telur dengan kencang hingga mengembang dan berbuih halus. Jika sudah mengembang, tidak terlihat cairan di kelilingnya dan makin terasa ringan saat dikocok, hentikan proses mengocoknya.

Di tahap akhir tambahkan seidkit garam dan merica bubuk. Jika terlalu lama mengocok juga bisa menyebabkan putih telur jadi pecah dan berair.

3. Siapkan isiannya

Isiannya bisa berupa daun bayam yang diblansir (direbus sebentar) dan diiris halus, jamur kancing yang ditumis, tomat yang dicincang kasar.

Yuk, Bikin Omelet Putih Telur yang Menyehatkan Untuk Sarapan!Foto: Istimewa


4. Buat omelet

Panaskan wajan datar 20 cm di atas api kecil, beri sedikit minyak sayur. Tuangkan putih telur kocok hingga merata ke seluruh permukaan wajan. Ratakan dengan spatula. Taburkan isiannya (bisa dipilih sesuai selera) ke permukaan omelet.

Tutup wajan dan masak sekitar 2 menit atau hingga bagian pinggir omelet terlihat mengering kecokelatan. Lipat menjadi dua dan masak kembali hingga sisinya kering lalu angkat. Sajikan omelet ini dengan salad sayuran dan saus sambal sesuai selera.



Simak Video "Tinker Kitchen, Dapur untuk Para Chef Amatir"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)