Kuliner Legendaris Indonesia

Bakmi, Soto dan Sate di Solo Ini Sudah Kondang Enaknya Puluhan Tahun

Riska Fitria - detikFood Minggu, 18 Agu 2019 17:00 WIB
Foto : Solo.korinatour.com Foto : Solo.korinatour.com
Jakarta - Kota Solo juga tak kalah dalam hal kuliner. Mulai dari menu daging hingga olahan nasi, semua dibanderol dengan harga murah meriah.

Beberapa warung makan di Solo ini sudah legendaris dari puluhan tahun lalu. Sajiannya lezat nikmat, bahkan beberapa ada yang menjadi langganan Joko Widodo dan keluarga. Berikut 5 warung makan legendaris di Solo tersebut.

1. Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Bakmi, Soto dan Sate di Solo Ini Sudah Kondang Enaknya Puluhan TahunFoto : Chris HS

Warung sate kambing di Solo ini sangat populer, karena menjadi warung favorit dari Presiden Joko Widodo. Sudah berdiri sejak tahun 70-an, warung ini terkenal akan sajian olahan daging kambingnya yang empuk dan juicy. Setiap hari warung ini selalu ramai dipadati pengunjung. Mula dari dari warga lokal hingga para wisatawan.

Ada banyak menu yang ditawarkan di sini, seperti sate bundel, gule, tongseng, tengkleng, hingga nasi goreng. Namun, menu yang paling populer dan menjadi favorit banyak pengujung adalah menu ate kambing dan menu tengklengnya. Semua menu dibuat dengan rempah asli Indonesia. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 25.000 - Rp. 45.000.

Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu
Solo
0823-2587-0170

2. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno
Bakmi, Soto dan Sate di Solo Ini Sudah Kondang Enaknya Puluhan TahunFoto : Solo.korinatour.com

Gudeg cakar banyak ditemui di daerah Solo. Namun, satu yang populer adalah Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno. Gudeg cakar di sini sudah terkenal sejak dahulu. Mulai dari pertama berdiri yaitu tahun 1970, hingga sekarang, warung gudeg ini selalu ramai pengunjung.

Satu porsi berisi nasi gurih, gudeg, ayam kampung, sambal krecek dan tentunya ada tambahan cakar ayam. Kemudian disiram dengan kuah kaldu bercampur santan. Satu porsi dibanderol dengan harga Rp. 18.000.

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno
Jl. Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan
Solo
(0271) 630703

Baca Juga : Gudeg hingga Kopi Klotok, 5 Menu Sarapan Legendaris di Jogja

3. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Bakmi, Soto dan Sate di Solo Ini Sudah Kondang Enaknya Puluhan TahunFoto: Goodindonesianfood.com

Selain gudeg, yang populer lainnya adalah nasi liwet yang ada di warung Bu Wongso Lemu. Warung nya populer sejak pertama kali berdiri, yaitu tahun 1950. Penyajiannya sangat tradisional, masih menggunakan bungkus daun pisang. Lain hal yang unik dari warung nasi ini adalah penjualnya yang selalu konsisten memakan baju kebaya adat jawa.

Satu porsi terdiri dari nasi putih dengan aneka lauk pauk, seperti ayam suwir, sayur labu, telur dan disiram dengan areh atau bubur santan. Rasanya pedas dengan paduan manis dan gurih khas dari Solo. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 19.000.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Jl. Teuku Umar, Keprabon,
Solo

4. Warung Soto Gading
Bakmi, Soto dan Sate di Solo Ini Sudah Kondang Enaknya Puluhan TahunFoto: surakarta.go.id

Ternyata warung soto gading ini juga jadi salah satu langganan Presiden Republik Indonesia. Joko Widodo beserta keluarga diketahui rutin mengunjungi warung ini ketika pulang ke Solo. Jokowi sudah lama menjadi langganan warung soto ini yang sudah didirikan sejak tahun 1974.

Sotonya dikenal dengan berkuah kental dari kaldu ayam. Sajiannya dilengkapi dengan soun, ayam suwir, kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan daun seledri. Selain itu juga ada tambahan lain berupa gorengan dan sate daging sapi. Seporsinya dihargai sekitar Rp. 20.000.

Warung Soto Gading
Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran
Solo
(0271) 642142

5. Bakmi Jowo Bu Citro
Bakmi, Soto dan Sate di Solo Ini Sudah Kondang Enaknya Puluhan TahunFoto : Petatempatwisata.com

Jika ingin sajian bakmi, Solo juga punya warung bakmi terkenal. Bernama Bakmi Jowo Bu Citro, warung ini pertama berdiri para tahun 1970. Hingga kini warung bakmi ini selalu laris, karena sajiannya yang lezat dan khas tradisional cocok dengan lidah orang Indonesia.

Satu porsi berisikan mie bakmie dengan campuran sayuran seperti sawi, kol, telur orak arik. Hidangannya semakin beraroma dengan taburan bawang goreng di atasnya. Satu porsinya dibanderol dengan harga Rp. 17.000.

Bakmi Jowo Bu Citro
Jl. Wijaya Kusuma No.8, Tipes
Solo
(0271) 7651489

Baca Juga : Bakmi Jawa Jadi Obat Kangen Sekjen PDIP Saat Pulang ke Sleman https://food.detik.com/berita-boga/d-4124381/bakmi-jawa-jadi-obat-kangen-sekjen-pdip-saat-pulang-ke-sleman

Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)