Kuliner Legendaris Indonesia

Manis Gurih Ini 5 Jajanan Pontianak Tempo Dulu

Riska Fitria - detikFood Jumat, 16 Agu 2019 19:49 WIB
Foto: dok.detikFood Foto: dok.detikFood
Jakarta - Di Pontianak ada banyak camilan dan jajanan tradisional yang legendaris. Bahannya sederhana dengan cara pembuatannya yang unik.

Pontianak merupakan ibukota Kalimantan Barat yang dikenal sebagai kota katulistiwa. Di sana terdapat beberapa jajanan tradisional yang bisa jadi camilan di pagi hingga malam. Mulai dari choi pan hingga pisang kipas, berikut 5 jajanan Pontianak yang terkenal enaknya.

1. Kue Bingke
Manis Gurih Ini 5 Jajanan Pontianak Tempo Dulu Foto: dok.detikFood

Kue bingke merupakan kue tradisional khas Kalimantan. Orang Kalimantan banyak menganggap kue ini sebagai camilan yang legendaris. Kuenya terbuat dari terigu, santan, gula, telur dan susu. Semua bahan dicampur menjadi satu kemudian dicampur dan dimasak di atas kompor hingga membeku.

Setelah itu baru adonan dimasukkan dalam wadah yang berbentuk bunga, kemudian dipanggang selama kurang lebih setengah jam. Rasa original kue bingke sebenarnye gurih, dengan aroma telur yang gurih. Namun, kini banyak diadaptasi dengan beragam rasa, seperti durian, nangka, keju dan lainnya.


2. Choi Pan
Manis Gurih Ini 5 Jajanan Pontianak Tempo Dulu Foto: Foto : Pontibonti.com

Terkenal dengan rasanya yang gurih, choi pan merupakan jajanan ikonik Pontianak. Choi pan punya isian yang dibungkus dengan adonan kulit berwarna putih bening. Isiannya ada bengkuang, kucai, ebi dan sayuran. Kulitnya bertekstur kenyal dan lengket.

Bentuknya lonjong dengan ujung runcing seperti dumpling. Biasanya dinikmati dengan taburan bawang putih yang dicincang goreng. Selain itu enak dimakan dengan campuran sambal yang manis pedas.

Baca Juga : Choi Pan, Kue Sayuran Khas Pontianak

3. Ce Hun Tiau
Manis Gurih Ini 5 Jajanan Pontianak Tempo Dulu Foto: dok.detikFood

Camilan dingin ini enak dimakan siang atau malam hari. Ce Hun Tiau merupakan camilan berupa es campur dengan isian yang terbuat dari tepung ubi dan pati sagu, teksturnya pun kenyal. Selain itu ada ada kacang merah, ketan hitam, dan bongko yang terbuat dari tepung hunkwe.

Disajikan dalam mangkuk dan disiram santan dan diberi es. Secara tampilan mungkin mirip seperti es campur pada umumnya. Rasanya perpaduan antara gurih dan manis.

Baca Juga : Sluurp! Manis Segar Che Hun Tiau Pelepas Haus Khas Pontianak

4. Pisang Kipas
Manis Gurih Ini 5 Jajanan Pontianak Tempo Dulu Foto : radarpekanbaru.com

Pisang goreng di Pontianak dikenal sebagai pisang kipas, lantaran bentuknya yang dibuat lebar menyerupai kipas. Pisang kipas agak sedikit berbeda dengan pisang goreng pada umumnya. Pisangnya diiris tipis dengan ujung tak putus lalu dikembangkan seperti kipas, dicelup adonan tepung dan digoreng kering.

Pisang ini kemudian dibelah dua dan diolesi selai serikaya. Rasanya gurih manis dengan rasa legit wangi selai srikaya. Enak untuk teman minum kopi di pagi dan sore hari.

5. Lek Tau Suan
Manis Gurih Ini 5 Jajanan Pontianak Tempo Dulu Foto: dok.detikFood

Berupa bubur kacang hijau kupas yang dimasak dengan kuah kental bening. Kuah bening tersebut terbuat dari tepung tapioka. Sehingga Lek Tau Suan terlihat berwarna bening. Kemudian disajikan dengan irisan cakue goreng yang renyah. Rasanya manis, karena ada campuran gula dan pandan di dalamnya.

Baca Juga : Lek Tau Suan dan Kiam Ko Kwe, Jajanan Malam Pontianak yang Wajib Coba

Simak Video "Di Kafe Ini, Donat Kampung Disulap Jadi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com