Choi Pan, Kue Sayuran Khas Pontianak

- detikFood Jumat, 15 Apr 2011 14:51 WIB
Jakarta - Kue ini mirip pangsit, bentuknya segitiga dan warnanya putih. Kulitnya lembut mulur dengan isian bengkuang yang diserut halus. Dengan bumbu bawang dan ebi rasanya krenyes gurih enak. Apalagi dimakan dengan cocolan sambal bawang putih yang wangi pedas menggigit! Huah!!!

Buat camilan di sore hari juga oke atau buat sarapan pun juga mengenyangkan. Penganan atau kue ini disebut dengan nama Choi Pan menurut istilah Tio Chiu atau Chai Kue, menurut istilah Hakka. Sekilas mirip dumpling alias pangsit.

Meskipun diakui sebagai makanan Pontianak tetapi di Medan juga banyak dijumpai choipan. Baik dijual di pasar, rumah makan atau penjaja keliling yang berteriak-teriak masuk keluar perumahan. Makanan ini banyak digemari karena rasanya yang sederhana tetapi cukup mengenyangkan.

Ddisebut choipan karena kue ini isinya sayuran. Yang dipakai isian adalah bengkuang yang diserut halus atau pepaya muda. Dengan bumbu bawang putih dan ebi, isian ini jadi gurih enak. Sementara adonan kulitnya dibuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji.

Adonan putih ini kemudian digilas tipis, diisi adonan isi dan dilipat bentuk sgeitiga lalu dikukus. Karena itu rasanya lembut kenyal, mirip adonan dim sum umumnya. Sedangkan isiannya renyah gurih. Pasangan buat choipan ini adalah sambal yang dibuat dari cabai rawit merah dan bawang putih. Rasa pedas menggigit membuat choipan yang lembut makin enak saja.

O, ya jika di Jakarta penjaja choipan ini berkeliling naik sepeda dan berteriak 'choipan..choipan..”. Biasanya mereka juga menjual chong chu pan, adonan seperti kulit choipan yang digilas tipis melebar dan dimakan dengan saus kecap asin dan taburan bawang merah goreng.

(Odi/Odi)