Kuliner Legendaris Indonesia

Juara Kuliner Tempo Dulu Medan Ada di 5 Tempat Makan Ini

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 16 Agu 2019 19:10 WIB
Foto: Instagram/Istimewa Foto: Instagram/Istimewa
Jakarta - Medan punya banyak tempat makan yang berusia puluhan tahun. Mulai dari alpukat kocok, soto, hingga bihun bebek yang rasa lezatnya awet hingga kini.

Medan merupakan ibu kota provinsi di Sumatera Utara. Kota terbesar ketiga di Indonesia ini, menyimpan banyak kuliner legendaris yang sayang untuk dilewatkan. Siapkan perut, karena di Medan, Anda akan dimanjakan dengan berbagai makanan enak.

Baca Juga: 10 Kedai Kopi Jadul di Indonesia, Ada yang Sejak Zaman Kolonial


1. Soto Sinar Pagi

Juara Kuliner Tempo Dulu Medan Ada di 5 Tempat Makan IniFoto: Instagram/Istimewa

Soto Sinar Pagi ini letaknya di jalan Sei Deli, Silalas. Sudah buka sejak tahun 1962, dengan ciri khas Soto Medan berkuah santan dengan potongan daging yang royal. Kuahnya yang kental, dipadukan dengan aneka gorengan membuat rasanya semakin enak.

Setiap harinya banyak wisatawan yang datang untuk mencicipi kelezatan dari soto ini. Bahkan mantan presiden SBY pun, sering mampir ke mari. Pilihan sotonya cukup beragam, ada soto ayam, daging, babat, paru, hingga soto campur. Kisaran harganya sekitar Rp 28.000.


RM Sinar Pagi
Jalan Sei Deli No.2, Silalas.
Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.
Jam Buka: 07.30 - 16.00
Telp: (061) 6614943


2. Sate Memeng
Juara Kuliner Tempo Dulu Medan Ada di 5 Tempat Makan IniFoto: Instagram/Istimewa

Berdiri sejak tahun 1945, tak lengkap rasanya berkunjung ke Medan tanpa mencoba Sate Memeng. Letaknya ada di jalan Irian barat, Kota Medan. Lokasinya di pinggir jalan, dan selalu dipenuhi pengunjung.

Sate yang disajikan di sini ada sate sapi, ayam, hati, usus, dan campur. Ciri khasnya adalah potongan dagingnya besar dan tebal, dengan racikan sambal kacang yang kental gurih. Harga satu porsi Sate Memeng dibanderol Rp 20.000 isi 5 tusuk sate.

Sate Memeng
Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Timur.
Kota Medan, Sumatera Utara.
Telp: 0813-6115-3743
Jam Buka: 18.00-21.00.


3. Kedai Kopi Apek

Juara Kuliner Tempo Dulu Medan Ada di 5 Tempat Makan IniFoto: Instagram/Istimewa

Kedai kopi jadul dan klasik banyak ditemukan di wilayah Medan, salah satunya di Kedai Kopi Apek yang sudah terkenal sejak tahun 1923. Sekarang kedai kopi ini sudah dilanjutkan oleh generasi ketiga.

Ciri khas yang ada di kedai ini, aroma dari wangi kopi yang harum dan racikan kopi Sidikalang. Kopi ditambah dengan susu atau es, sehingga rasanya tidak terlalu pahit dan tetap manis. Harganya kisaran Rp 22.000 saja. Selain roti panggang, Anda bisa jajan aneka makanan di sekitar warung ini.

Kedai Kopi Apek
Jl. Hindu No.110, Kesawan.
Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera.
Jam Buka: 06.00 - 14.00.


4. Pokat Kocok Buk Iyah

Juara Kuliner Tempo Dulu Medan Ada di 5 Tempat Makan IniFoto: Instagram/Istimewa

Kalau kedai yang satu ini terkenal dengan racikan alpukat kocok yang menggoyang lidah. Alpukat ini sudah ada sejak tahun 1948, dan masih eksis hingga sekarang. Di sini menyajikan alpukat yang dikocok, dan dicampur dengan es.

Rasanya legit, creamy, dan segar perpaduan antara alpukat yang ditambah dengan santan, gula, cair dan tentunya gula merah. Cocok bagi penggemar makanan manis. Harganya berkisar Rp 12.000.

Pokat Kocok Buk Iyah
Jl. KL Yos Sudarso No.21 K, Glugur Kota, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara.
Telp: 0823-6438-4488
Jam Buka: 11.00 - 22.00



5. Bihun Asie Kumango

Juara Kuliner Tempo Dulu Medan Ada di 5 Tempat Makan IniFoto: Instagram/Istimewa
Makan bihun bebek yang enak dan lezatnya tak berubah ini ada di Jalan Kumango, Medan. Sudah buka sejak tahun 1930, menu andalannya bihun dengan irisan daging bebek rebus dan bawang putih cincang goreng yang royal.

Rasanya lembut dan gurih, apalagi jika disantap dengan lauk pelengkap seperti ati ampela. Biasanya bihun ini disajikan dengan kuah kaldu bebek, yang diberi taburan daun bawang. Jika datang siang sedikit, sudah pasti bihun ini habis. Untuk kisaran harganya sekitar Rp 30.000 saja.

Bihun Asie Kumango
Jl. Kumango No.15, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara.
Jam Buka: 07.00 - 11.00.
Telp: (061) 4512517

Baca Juga: 5 Tempat Makan Tempo Dulu di Bandung, Ada yang Berusia 100 Tahun

Simak Video "Unik! Takjil Gratis Ada di ''Kulkas Medan''"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)