Kuliner Legendaris Indonesia

Di Menteng Bisa Jajan Sop Buntut hingga Gado-gado yang Juara Enaknya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 17 Agu 2019 12:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kawasan Menteng jadi 'rumah' untuk banyak penjaja makanan legendaris. Mulai dari sop buntut hingga gado-gado yang sudah terkenal kelezatannya.

Menyambangi Menteng di akhir pekan bisa coba wisata kuliner yang berbeda. Coba sambangi tempat makan ini untuk mencicip racikan makanan yang sudah bertahan puluhan tahun lamanya.

1. Gado-gado Bon-Bin

Di Menteng Bisa Jajan Sop Buntut hingga Gado-gado yang Juara EnaknyaFoto: Istimewa

Foto: Instagram aaronhandajani
Menyebut racikan gado-gado legendaris tak bisa meninggalkan Gado-gado Bon-Bin di Jalan Cikini 4 No.5. Gado-gado ini konon sudah ada sejak 1960. Salah satu pelanggannya adalah almarhum Gus Dur.

Bumbu kacang yang cita rasanya gurih khas membuat banyak orang ketagihan. Isian gado-gadonya terdiri dari telur rebus, tahu goreng, kentang goreng, toge, kangkung, kacang panjang, daun bayam rebus, dan emping goreng. Ada juga tambahan kerupuk udang. Harganya sekitar Rp 33.000 per porsi.

Baca Juga: Kalau Lewat Cikini, Jangan Lupa Jajan Gado-gado, Ikan Bakar atau Sushi

2. Restoran Trio

Di Menteng Bisa Jajan Sop Buntut hingga Gado-gado yang Juara EnaknyaFoto: dok. detikFood

Foto: dok. detikFood
Restoran Trio berdiri sejak 1947 di Jalan RP. Soeroso No.29A. Di sini tersedia hidangan Kanton racikan Lam Khai Tijoe. Ia sendiri merupakan imigran asal China yang pindah ke Batavia tahun 1930.

Restoran Trio punya banyak langganan tokoh ternama. Mereka kerap mencari hidangan andalan restoran seperti Lumpia Udang Ala Trio, Soup Asparagus Telur Kepiting, Ayam Wud Kee, dan Fuyunghai Ayam Saos.

Baca Juga: Menikmati Hidangan Kanton Autentik dari Resto Legendaris di Jakarta

3. Sop Buntut Cut Meutia

Di Menteng Bisa Jajan Sop Buntut hingga Gado-gado yang Juara EnaknyaFoto: Istimewa


Foto: Instagram lia.liuu
Penggemar sop buntut wajib mampir ke sini. Sop Buntut Cut Meutia berdiri sejak 1970 di kawasan Masjid Cut Meutia. Adalah Ibu Nurjanah yang berhasil membuat sop buntut empuk dan gurih.

Sop buntut ini bisa disambangi di Jalan Menteng Kecil No. 4/5. Tersedia dalam pilihan sop buntut biasa atau sop buntut bakar. Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 50.000 untuk per porsi sop buntut.

4. Soto Betawi H. Ma'ruf

Di Menteng Bisa Jajan Sop Buntut hingga Gado-gado yang Juara EnaknyaFoto: Istimewa

Foto: Instagram bubueataway
Hidangan khas Jakarta, soto Betawi sudah dijajakan H. Ma'ruf sejak tahun 1970-an. Rumah makannya bisa ditemui di Jl. Cikini Raya Nomor 73. Soto Betawi di sini terkenal dengan kuah santan kental berwarna kecokelatan.

Isiannya bisa pilih mau jeroan atau daging sapi. Pelengkap emping dan irisan tomat menyempurnakan cita rasa soto Betawi. Harganya sekitar Rp 42.000 sampai Rp 45.000.

5. Mie Ayam Gondangdia

Di Menteng Bisa Jajan Sop Buntut hingga Gado-gado yang Juara EnaknyaFoto: Istimewa

Foto: Instagram shecreatbelly
Di Jalan Cikini 1V No. 12 A, ada mie ayam legendaris yang sudah ada sejak 1968. Namanya Mie Ayam Gondangdia dengan menu andalan mie ayam yang lembut dan manis. Toppingnya bisa pilih ayam, bakso, pangsit, pangsit goreng, atau bakso pangsit.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 27.000 sampai Rp 45.000. Selain mie ayam, di sini juga ada hidangan Oriental lain seperti nasi tim, mie capcay, mie sapi lada hitam, dan ifumie.



Simak Video "Puas Ngemil Martabak Flamboyan dengan Isian Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com