Kuliner Legendaris Indonesia

Diracik Sejak Puluhan Tahun Lalu, 5 Rujak Cingur Ini Masih Laris di Surabaya

Devi Setya - detikFood Kamis, 15 Agu 2019 13:20 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Bagi masyarakat Surabaya, rujak cingur jadi salah satu makanan kebanggaan. Racikan sayur, buah dan cingur sapi ini banyak yang tak lekang oleh waktu meski sudah berusia puluhan tahun.

Petis yang sedap dan gurih jadi salah satu rahasia kelezatan seporsi rujak cingur. Tak sulit menemukan penjual rujak cingur enak dan legendaris di Kota Pahlawan ini.

Berikut beberapa kedai rujak cingur yang sudah puluhan tahun setia meracik hidangan enak ini. Ssstt ada yang sudah eksis sebelum Indonesia merdeka lho.

1. Rujak Cingur Genteng Durasim
Diracik Sejak Puluhan Tahun Lalu, 5 Rujak Cingur Ini Masih Laris di Surabaya Foto: istimewa

Kedai rujak cingur yang ada di Jalan Genteng Durasim ini sukses menjaga kelezatan rujak cingur dengan rasa otentik. Mulai berjualan sejak tahun 1942, kedai ini masih terus diserbu para pembeli hingga kini.

Racikan bumbu kacang dan petis diolah dengan cobek tradisional yang sudah berusia 77 tahun. Makin spesial, rujak cingur ini dikenal juga dengan porsinya yang banyak serta cingur sapi yang kenyal dan tak berbau.

Baca juga : Viral Rujak Cingur Rp 60 Ribu, Ternyata Ada yang Lebih Mahal

2. Rujak Cingur Ahmad Jais
Pemilik rujak cingur ini adalah Lim Sia Neo, ibu rumah tangga keturunan China. Ia mulai membuka usaha ini di tahun 1970. Nama Ahmad Jais disematkan karena lokasi kedai yang ada di Jalan Ahmad Jais, Peneleh, Jawa Timur.

Soal rasa, bumbu rujak cingur di sini boleh diadu. Tambahan kacang mede membuat bumbu lebih legit dan gurih. Soal harga, rujak cingur ini memang punya harga tinggi tapi sebanding dengan porsi dan kualitas rasanya. Siapkan uang Rp 100 ribu untuk seporsi rujak cingur di sini.

3. Rujak Cingur Delta
Diracik Sejak Puluhan Tahun Lalu, 5 Rujak Cingur Ini Masih Laris di Surabaya Foto: istimewa

Mau santap rujak cingur dalam versi berbeda, cobalah datang ke Rujak Cingur Delta. Kios rujak cingur yang satu ini sudah nyaman dengan bangunan yang luas.

Salah satu pelopor rujak cingur di Surabaya ini punya ciri khas yakni disajikan dengan tambahan mie kuning. Isiannya ada bayam, tauge, tempe, berbagai buah dan pastinya cingur. Bumbu kacangnya yang kental dan manis gurih membuat rujak cingur ini jadi destinasi kulineran di Surabaya.

4. Rujak Cingur Joko Dolog
Diracik Sejak Puluhan Tahun Lalu, 5 Rujak Cingur Ini Masih Laris di Surabaya Foto: istimewa

Warisan kuliner Jawa Timur ini juga disajikan secara tradisional dengan pincuk daun pisang. Di kedai rujak cingur Joko Dolog Anda bisa makan rujak cingur murah meriah karena seporsinya hanya Rp 20 ribuan saja.

Rujak cingur yang satu ini sudah ada sejak 1970-an, pemiliknya adalah Hajah Saemah. Sejak 1970-an Hajah Semah berjualan di Jalan Embong Sawo namun baru mulau tahun 2000 ia pindah ke kawasan Arca Joko Dolog.

Baca juga : Uenake Rek! Rujak Cingur Segar Berbumbu Melimpah

5. Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini
Bergeser sedikit ke arah Sidoarjo, ada kedai rujak cingur Sedati Bu Nur Aini yang tak boleh dilewatkan. Sambal rujak cingur racikan Bu Aini ini diolah menggunakan 7 jenis petis sekaligus.

Campuran 7 petis ini yang membuat rujak cingur semakin gurih nendang. Apalagi isiannya ada sayuran dan buah segar. Oiya irisan cingur sapi di sini juga tak kalah menggoda.



Simak Video "Menipu Mata, Ternyata Hot Dog Ini Adalah Mie Ayam!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)