Viral Rujak Cingur Rp 60 Ribu, Ternyata Ada yang Lebih Mahal

Devi Setya - detikFood Senin, 10 Jun 2019 19:00 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Setelah heboh warung makan di Tegal yang pasang harga tinggi, kini ada lagi rujak cingur yang viral karena mahal. Padahal di Surabaya banyak rujak cingur yang lebih mahal.

Rujak cingur populer sebagai salah satu makanan khas Jawa Timur. Kudapan yang terdiri dari racikan sayuran, buah dan irisan cingur atau hidung sapi ini jadi salah satu makanan yang tak boleh terlewat kala singgah di Jawa Timur, khususnya Surabaya.

Belum lama ini ada video yang beredar di media sosial, isinya menunjukkan harga seporsi rujak cingur seharga Rp 60 ribu. Padahal di Surabaya, beberapa kedai rujak cingur berani pasang harga fantastis.
Viral Rujak Cingur Rp 60 Ribu, Ternyata Ada yang Lebih MahalFoto: istimewa

Baca juga : Ini Cobek Rujak Cingur Genteng Durasim yang Berusia 74 Tahun

Pertama ada Rujak Cingur Genteng Durasim. Kedai rujak cingur ini sudah eksis sejak 76 tahun yang lalu, sajian utamanya jelas rujak cingur.

Racikan sayuran, tempe, tahu, bangkuang, mangga muda, tauge dan lontong ini ditambahkan irisan cingur sapi. Yang membuatnya semakin spesial adalah bumbu kacangnya yang diracik dengan resep turun temurun.

Paduan kacang tanah, petis dan bumbu lain pada sambal kacangnya membuat rujak cingur di sini bikin nagih. Meski sudah ada alat modern, bumbu rujak cingur masih diracik secara manual menggunakan cobek.

Uniknya lagi cobek yang digunakan ini sudah ada sejak 1943. Seporsi rujak cingur di kedai ini dibanderol seharga Rp 45 ribu.

Rujak cingur Genteng Durasim bukan satu-satunya rujak cingur yang berani pasang harga tinggi. Ada juga kedai Rujak Cingur Ahmad Jais yang lokasinya sama-sama di Surabaya.
Viral Rujak Cingur Rp 60 Ribu, Ternyata Ada yang Lebih MahalFoto: istimewa

Kedai rujak cingur Ahmad Jais yang sudah ada sejak tahun 1970. Kedainya boleh sederhana tapi racikan rujak cingurnya terkenal istimewa.

Jika pada umumnya penjual rujak cingur menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama bumbunya maka di kedai ini menggunakan kacang mete. Gurih legit kacang ini membuat rasa bumbunya terasa lebih nikmat.

Selain kacang, petis yang digunakan juga terasa gurih khas. Ditambah lagi dengan irisan cingur sapi yang kenyal, bersih dan tak berbau amis. Cingur di kedai ini disajikan secara berlimpah.

Karena menggunakan bahan baku premium, tak heran kalau seporsi rujak cingur di kedai ini dibanderol Rp 70 ribu. Konon kabarnya harga ini sudah lebih rendah karena sebelumnya pernah mencapai angka Rp 100 ribu untuk setiap porsi.

Baca juga : Ini Pengakuan Penjual Rujak Cingur Seharga Rp 60 Ribu yang Sempat Viral (dvs/odi)