Waduh! Pria Ini Tewas Akibat Minum Soda Setiap Hari

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 13 Agu 2019 19:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Akibat terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda. Pria ini harus kehilangan nyawanya, karena tekanan gula darahnya yang sangat tinggi.

Minuman bersoda dikenal memiliki kadar gula yang cukup tinggi, dibandingkan minuman lainnya. Dikabarkan World of Buzz (12/08), seorang karyawan asal Suzhou, China, harus merenggang nyawa karena kebiasaannya sehari-hari.

Baca Juga: Pria Ini Tewas Usai Minum Air Es Setelah Olahraga, Ini Faktanya
Waduh! Pria Ini Tewas Akibat Minum Soda Setiap HariFoto: Istimewa

Pria berusia 30 tahun ini, mengaku awalnya ia merasa haus dan lemas selama lebih dari 10 hari. Ia juga mengalami diare, dan semakin kurus setiap harinya.

Pria bernama Wang ini, berpikir bahwa tanda-tanda yang dialaminya ini disebabkan oleh cuaca yang sangat panas. Sehingga ia mulai mengonsumsi minuman bersoda, untuk menghilangkan rasa hausnya. Sayangnya, ia bukannya merasa lebih segar, justru Wang merasa lebih haus dan lelah dari sebelumnya.

Akhirnya ia dilarikan ke rumah sakit, di mana para dokter berasumsi bahwa Wang memiliki diabetes. Setelah darahnya diperiksa, para dokter terkejut, ketika tekanan darahnya mencapai angka 110 mmol/L. Di mana angka ini 20 kali lebih tinggi dari tekanan darah normal, yang hanya berkisar sekitar 5.6 mmol/L.
Waduh! Pria Ini Tewas Akibat Minum Soda Setiap HariFoto: Istimewa

Dokter juga menemukan bahwa Wang mengalami acidosis, di mana kadar asam yang ada di tubuh Wang sangat tinggi. Sekaligus gangguan kalium yang ditemukan di sana.

Teman-teman Wang mengaku, bahwa sebelumnya Wang memang memiliki hipertensi. Dokter akhirnya mendiagnosisnya terkena Hyperglycemic State (HHS), yaitu komplikasi serius yang disebabkan diabetes. Sayangnya, kondisi Wang semakin memburuk, dan dia akhirnya meninggal dunia.

Sebelum Wang meninggal, ia memiliki hobi mengonsumsi minuman bersoda, dan juga suka ngemil permen. Ia memiliki bobot tubuh mencapai 113 kg, dengan tinggi 178 cm.
Waduh! Pria Ini Tewas Akibat Minum Soda Setiap HariFoto: Istimewa

"Wang meminum banyak minuman tinggi gula, dibandingkan dengan air putih. Sehingga membuatnya menjadi dehidrasi, dan membuatnya memiliki diabetes yang tak terdeteksi," jelas Wang Mingliang, selaku dokter yang ada di Department of Acute and Critical Care Medicine of SuzhouScience and Technology Hospital.

Dokter Mingliang mengatakan bahwa mengonsumsi minuman bersoda sebenarnya boleh saja, asal masih dalam batas wajar dan tak berlebihan.

Wang bukan satu-satunya orang yang meninggal karena minuman favoritnya. Sebelumnya seorang gadis remaja asal China, kehilangan nyawanya setelah tersedak bubble tea yang diminumnya.

Baca Juga: Hati-hati Minum Bubble Tea, Gadis Ini Tewas Tersedak 3 Butir Boba!

Simak Video "Wah! Kalori Frapuccino Lebih Banyak dari Minuman Bersoda"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)