Ini Penyebab Lingkaran Kuning Telur Rebus Berwarna Kehijauan

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 14 Agu 2019 06:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ketika Anda merebus telur, tak jarang ada lingkaran kehijauan di pinggir kuning telur. Apa sebabnya?

Saat Anda mendapatkan telur rebus yang tidak sempurna karena kuning telurnya memiliki lingkaran hijau, mungkin Anda bertanya-tanya. Seperti amankah telur ini untuk dimakan? Apakah rasanya enak? Atau adakah cara untuk menghilangkannya?

Mashed (12/8) melaporkan penyebab adanya lingkaran hijau pada telur rebus adalah karena Anda merebus terlalu lama. Secara ilmiah, warna kehijauan ini terjadi akibat reaksi kimia dalam telur ketika terlalu lama dimasak.

Ini Penyebab Lingkaran Kuning Telur Rebus Berwarna KehijauanFoto: Istimewa

Elisa Maloberti, Direktur Pemasaran American Egg Board menjelaskan, "Perubahan warna disebabkan oleh pembentukan besi sulfida yang merupakan tempat kuning dan putih bertemu. Ini terbentuk ketika besi dari kuning telur bereaksi dengan hidrogen sulfida dari putih telurnya."

Dan semakin lama telur itu direbus, maka semakin gelap pula perubahan warnanya. Namun jangan khawatir, lingkaran hijau tersebut tetap aman dimakan.

Namun untuk mencegah lingkaran tersebut supaya matang sempurna, American Egg Board menjelaskan cara memasaknya.

Baca Juga: Karaktermu Bisa Terbaca Lewat Telur Dadar Favorit

Ini Penyebab Lingkaran Kuning Telur Rebus Berwarna KehijauanFoto: Istimewa

Awalnya Anda perlu tambahkan air dingin secukupnya hingga telur tertutup air. Panaskan wajan dengan api besar sampai air mendidih, lalu segera matikan api. Kemudian tutup pancinya dan diamkan telur di panci sampai matang.

Patokan waktu memasaknya adalah 9 menit untuk telur ukuran sedang dan 12 menit untuk telur ukuran besar. Nah, untuk penyajiannya, kalau mau hangat, segera tiriskan dan kupas telur.

Jika tidak, kupas dengan air dingin mengalir di atas telur. Ini adalah langkah penting karena akan menghentikan proses memasak, dan mencegah terbentuknya lingkaran hijau pada kuning telur.

Ini Penyebab Lingkaran Kuning Telur Rebus Berwarna KehijauanFoto: Istimewa

Atau Anda juga bisa mengukus telur di dalam panci selama 13 menit. Setelah selesai, masukkan telur ke dalam wadah berisi air es dan diamkan selama 15 menit atau sampai benar-benar dingin.

Dengan cara ini akan menghasilkan permukaan putih yang sangat halus. Dan tentu saja tidak akan ada perubahan warna di sekitar kuning telur karena Anda memasaknya tidak terlalu matang.

Baca Juga: Terlihat Sepele, Banyak Orang Masih Salah Saat Pecahkan Telur



Simak Video "Black Forest dan Opera Cake Legendaris yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)