Ragam Bumbu Sate yang Cocok Dipadu dengan Daging Kambing hingga Sapi

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 11 Agu 2019 09:00 WIB
Bumbu sate enak. Foto: dok. detikFood Bumbu sate enak. Foto: dok. detikFood
Jakarta - Idul Adha jadi waktu umat muslim menikmati ragam sajian daging kurban. Daging kambing hingga sapi enak dibuat jadi sate. Tentu bumbu satenya harus pas dan gurih.

Potongan daging dengan selipan lemak yang dibakar sampai matang biasa disebut dengan sate. Di Indonesia, bumbu sate sangat beragam. Bumbu sate ada yang dibuat dengan campuran kacang dan cabai, kecap dan cabai, hingga irisan tomat dan cabai.

Untuk inspirasi kamu mengolah sate, detikFood punya beberapa resep bumbu sate yang bisa kamu buat. Caranya mudah dan bahannya gampang dicari!

1. Bumbu Sate Kambing

Sate kambing dan bumbu sate kambing.Sate kambing dan bumbu sate kambing. Foto: dok. detikFood

Sebelum dibakar, potongan daging kambing perlu dimarinasi terlebih dulu dengan bumbu. Bumbu yang digunakan untuk marinasi adalah bawang putih, daun jeruk, dan ketumbar.

Sedangkan, bumbu sate kambing ketika dibakar bisa menggunakan olesan bumbu yang terbuat dari campuran jahe, bawang putih, dan kecap.

Bumbu sate kambing yang banyak disukai adalah bumbu kecap. Cara meracik bumbu kecap adalah dengan cara mengiris cabai, bawang merah, bawang goreng serta diberi kucuran jeruk limau, dan ditambah dengan kecap manis.


2. Bumbu Sate Sapi

Bumbu sate untuk membuat sate sapi.Bumbu sate untuk membuat sate sapi. Foto: iStock

Tak suka dengan kambing, daging sapi juga bisa dibuat menjadi sate. Bumbu sate sapi bisa dibuat lebih modern dengan mencampurkan mustard. Agar rasanya lebih gurih, kamu bisa menyiapkan mustard pasta, gula pasir, bawang putih, merica bubuk, bumbu kari, dan garam.

Kalau butuh resepnya, detikFood punya resep sate sapi enak yang bisa kamu coba di rumah. Klik di sini untuk kuliner Semarang dan cek resep dan bumbu sate sapi mustardnya.

3. Bumbu Sate Ayam

Sate ayam dan bumbu sate dengan lontong.Sate ayam dan bumbu sate dengan lontong. Foto: Istimewa

Sate ayam enak dinikmati bersama dengan bumbu sate Madura. Bumbu sate (https://www.detik.com/tag/sate) ayam Madura terbuat dari campuran kacang tanah sangrai, cabai merah, cabai rawit, kecap manis, dan garam.

Sate ayam yang sudah dibakar, paling enak disajikan dengan bumbu sate Madura dengan beragam pelengkap. Pelengkapnya ada bawang merah goreng, sambal rawit merah, kecap manis, serta jeruk nipis.

Tertarik membuat sate ayam beserta bumbu sate Madura? Klik di sini untuk lihat resep lengkapnya.

4. Bumbu Sate Maranggi

Sate maranggi.Sate maranggi. Foto: detikFood

Sate Maranggi bisa dibuat dari daging kambing, sapi, atau ayam. Supaya lebih gurih, satenya pun tentu harus diberi lapisan lemak. Sebelum dibakar, sate bisa dimarinasi terlebih dulu dengan bumbu halus.

Bumbu halusnya seperti bawang merah, air asam, ketumbar, bawang putih, dan garam.

Setelah dibakar, sate pun bisa disajikan dengan bumbu uniknya. Sate khas Purwakarta ini makin enak disajikan dengan sambal. Bumbu sate Maranggi ini bisa dibuat dari bawang merah cincang, cuka, cabai hijau kecil cincang, 1 tomat merah cincang, dan kecap manis.

Kamu lebih suka bumbu sate yang mana detikers?



Simak Video "'Lamang Tukek', Makanan Khas Idul Adha dari Sawahtulo"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com