Sedap Mantap! Racikan Nasi Khas Jawa Buat Sarapan Akhir Pekan

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 10 Agu 2019 08:19 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Beberapa daerah di Jawa punya racikan nasi yang cocok buat menu sarapan. Mulai dari nasi megono dari Pekalongan hingga nasi cawuk Banyuwangi.

Jadi makanan pokok orang Indonesia, nasi bisa diolah jadi beragam menu yang mengenyangkan. Cocok untuk sarapan karena disajikan dengan beragam lauk pauk. Berikut 5 sajian nasi dari daerah Jawa.

1. Sego Cawuk
Nasi Cawuk hingga Nasi Jenggo Bisa Jadi Beragam Menu Sarapan MengenyangkanFoto : Istimewa

Daerah Bayuwangi terkenal dengan kuliner sego cawuk yang cocok buat sarapan di pagi hari. Biasanya sego cawuk berisi nasi putih dengan gecok. Gecok merupakan campuran dari parutan kelapa dengan pipilan jagung bakar yang rasanya pedas dan segar.

Akan lebih nikmat lagi jika ditambah dengan kuah pindang yang terasa gurih. Sajian sego cawuk biasa dimakan dengan sambal serai dan daun semanggi yang dikukus. Lauknya juga beragam mulai dari telur, ikan pindang, hingga pepes ikan laut.

2. Nasi Megono
Nasi Cawuk hingga Nasi Jenggo Bisa Jadi Beragam Menu Sarapan MengenyangkanFoto: detikFood

Pagi-pagi biasa dinikmati orang Semarang hingga Pekalongan dengan sarapan nasi megono. Nasi megono merupakan makanan olahan kecombrang, yang sajiannya dicampur dengan nangka muda, daun bawang, ikan asin, cabe merah lengkap dengan kelapa parut.

Warna nasinya keabu-abuan karena campuran dari kecombrang. Makin nikmat dihidangkan dengan cara tradisional, yaitu dengan alas bungkus pisang. Makan nasi megono paling enak dengan lalapan segar dan sambal yang pedas.

Baca Juga : Melintasi Pantura, Jangan Lupa Mampir Cicip Sego Megono dan Tauto Pekalongan

3. Nasi Jenggo
Nasi Cawuk hingga Nasi Jenggo Bisa Jadi Beragam Menu Sarapan MengenyangkanFoto: Istimewa

Nasi Jenggo atau biasa orang sebut dengan sebutan jinggo merupakan sajian nasi yang hampir mirip dengan nasi kucing. Nasi Jenggo biasanya dibungkus dengan daun pisang. Di dalamnya berupa nasi putih sebesar kepalan tangan dan dilengkapi dengan lauk pauk.

Lauk pauk tersebut biasanya ada mulai dari tempe goreng, daging sapi, mie goreng. Lengkap dengan serundeng di atasnya. Makan nasi jenggo kurang lengkap tanpa sambal yang pedas dan menyengat.

4. Nasi Serpang
Nasi Cawuk hingga Nasi Jenggo Bisa Jadi Beragam Menu Sarapan MengenyangkanFoto: Istimewa

Di Madura Jawa timur ada nasi serpang yang enak dijadikan menu sarapan. Sekilas nasi serpang mirip seperti nasi campur pada umumnya. Namun, ada hal yang membedakan, yaitu adanya campuran lauk pauk dan kuah yang khas dan berbeda dari yang lain.

Disajikan dengan varian lauk pauk seperti ikan tongkol, telur asin, rempeyek renyah, empal dan disiram dengan kuah yang diberi nama kuah sik-usik. Kuah tersebut dibuat dengan santan dan campuran rempah-rempah, warnanya kemerahan. Tak lupa taburan serundeng yang gurih manis.

5. Nasi Krawu
Nasi Cawuk hingga Nasi Jenggo Bisa Jadi Beragam Menu Sarapan MengenyangkanFoto: Istimewa

Selain Nasi pecel, Jawa Timur juga punya kuliner bernama nasi krawu. Tepatnya khas daerah Gresik. Nasi krawu dibuat dengan dengan nasi pulen yang disajikan dengan lauk berupa daging sapi. Daging sapi tersebut disuwir atau dijadikan semur. Selain itu bisa ditambah dengan jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.

Sajian nasi krawu tidak bisa terpisahkan dengan taburan serundeng. Biasanya ada dua jenis serundeng yang digunakan. Yaitu yang berwarna kuning dengan rasa gurih sedikit manis, dan yang warna merah yang pedas menyengat.

Baca Juga : Yuk, Sarapan Kenyang dengan Nasi Krawu Gaya Jawa Timuran

Simak Video "Gurih Nikmat Soto Betawi Legendaris di Cawang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)