Olahan Daging Idul Adha

Maroko dan India Juga Punya Sajian Khas Idul Adha yang Lezat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 09 Agu 2019 15:35 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Idul Adha dirayakan Muslim di seluruh dunia termasuk di Maroko hingga India. Seperti apa ya hidangan Idul Adha yang khas di sana?

Perayaan Idul Adha identik dengan hidangan berbahan sapi dan kambing lezat. Beberapa negara pun memiliki hidangan yang khas. Semuanya terlihat menggugah selera. Berikut informasinya seperti dirangkum dari Holiday Me (9/8).

1. Tagine - Maroko

Maroko dan India Juga Punya Sajian Khas Idul Adha yang LezatFoto: Istimewa

Tagine adalah hidangan khas Maroko yang juga populer di seluruh Afrika Utara. Nama Tagine merujuk pada tungku tanah liat bentuk kerucut yang jadi wadah saji hidangan daging ayam dan domba di dalamnya. Terdapat beberapa versi tagine di tiap negara/wilayah di sana.

Mereka menggunakan bumbu dan bahan lokal untuk dipadukan dalam tagine. Di Maroko, ada Boulfaf yaitu tagine hati domba panggang yang jadi hidangan wajib hari raya. Sementara di Libya ada Tbeikhet 'Eid yang merupakan olahan daging domba dengan rebusan labu dan chickpea serta kismis.

Baca Juga: Appam dan Tagine, Sarapan Sehat Orang India dan Maroko

2. Oruk - Turki

Maroko dan India Juga Punya Sajian Khas Idul Adha yang LezatFoto: Istimewa

Idul Adha dikenal dengan nama Kurban Bayrami di Turki. Perayaan Idul Adha di sana makin meriah dengan ragam makanan enak termasuk Oruk yang berasal dari wilayah Antakya.

Bentuk Oruk seperti meatball yang terbuat dari adonan bulgur dan semolina. Di dalamnya lalu diisi daging sapi cincang, kacang kenari yang dihancurkan, bawang bombay parut, dan ragam herba dan remha. Ada parsley, lada hitam, jinten, hingga paprika merah. Nyamm!

3. Nalli Nihari - India

Maroko dan India Juga Punya Sajian Khas Idul Adha yang LezatFoto: Istimewa

Tampilannya seperti kari, inilah Nalli Nihari khas India yang konon berasal dari Delhi. Biasanya Nalli Nihari disajikan di rumah-rumah orang kaya saat perayaan Idul Adha.

Hidangan ini bisa dibuat dari daging kambing atau daging sapi, bersama sumsum tulang yang dimasak dengan teknik slow-cooked. Ada juga tambahan rempah-rempah menggugah selera, sayuran segar, dan daun ketumbar.

4. Domba panggang - Timur Tengah

Maroko dan India Juga Punya Sajian Khas Idul Adha yang LezatFoto: Istimewa

Rata-rata negara Timur Tengah menyajikan domba panggang saat Idul Adha. Yang dipakai adalah domba usia muda atau lamb. Domba dipanggang perlahan (slow roasted) dalam oven. Bumbunya sangat banyak seperti herba, rempah, dan mentega.

Campuran rempah yang dipakai antara lain lada hitam, cengkeh, jinten, biji adas, kayu manis, paprika, dan garam. Domba panggang lalu disajikan bersama salad dan saus yang bisa diracik dari yogurt, daun mint, tomat, hingga minyak zaitun.

5. Biryani - India

Maroko dan India Juga Punya Sajian Khas Idul Adha yang LezatFoto: Istimewa

Satu lagi hidangan khas Idul Adha dari India, nasi biryani. Berupa nasi dengan balutan rempah yang gurih dan aromatik. Hidangan ini pada dasarnya nasi campur yang konon berasal dari India Selatan.

Nasi biryani dibuat dari beras Basmati sebagai bahan utamanya. Dimasak dengan minyak samin, pala, lada, cengkih, kapulaga, kayu manis, daun salam, hingga ketumbar. Pelengkapnya ada daging domba, kambing, seafood, atau ayam.

Baca Juga: Nasi Biryani Bisa Dipadukan dengan Daging Kambing atau Sapi



Simak Video "Segarnya Sop Buah Conto dari Olahan Cincau Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)