Sajian Lezat Idul Adha

Nasi Biryani Bisa Dipadukan dengan Daging Kambing atau Sapi

Maya Safira - detikFood Minggu, 11 Sep 2016 13:15 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Hidangan populer India ini disukai karena gurih berempah. Makin nikmat disantap dengan lauk pelengkapnya.

Briyani atau biryani merupakan sajian nasi campur dari India. Meskipun asalnya tidak pasti, namun ada beragam jenis biryani di India Utara dan Selatan. Konon biryani di India Selatan berasal dari ragam pilaf yang dibawa ke India oleh pedagang Arab.

Kini biryani ikut populer di wilayah yang mendapat pengaruh India. Termasuk beberapa daerah di Indonesia.



Biryani terkenal punya citarasa lezat karena ada penggunaan rempah dan kondimen. Seperti minyak samin, pala, lada, cengkih, kapulaga, kayu manis, daun salam, ketumbar, jahe, bawang putih dan bawang bombay. Varian premiumnya biasa menambahkan saffron.

Seperti umumnya sajian India, biryani menggunakan jenis beras Basmati yang berbutiran panjang. Mirip dengan nasi kebuli atau nasi mandi. Warnanya agak kekuningan.

Biasanya biryani diberi pelengkap. Dapat berupa ayam, daging kambing, domba, sapi, seafood hingga telur. Ada juga sajian biryani vegetarian yang menggunakan sayur-sayuran. Misalnya kentang dan kembang kol.



Kondimen ikut tersedia saat menyantap biryani. Seperti sambal tomat atau acar timun-tomat yang asam manis. Tentunya bisa menambah kesegaran sajian.

Masyarakat India dan Pakistan menyukai makanan berempah saat lebaran. Sehingga nasi biryani disajikan pula dalam perayaan ini.

Mau menikmati nasi biryani dengan pelengkap daging kambing atau sapi? Ikuti saja resep berikut. (msa/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com