5 Negara Ini Punya Aturan Makan dan Minum yang Aneh

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 09 Agu 2019 14:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Setiap negara punya aturan tata kelola negara, termasuk yang berhubungan dengan makanan. Seperti lima negara yang punya peraturan makan dan minum yang aneh.

Jika berada di Singapura, hindari memakan permen karet dalam MRT. Sementara jika berkunjung ke Dubai saat bulan ramadhan, hindari makan atau minum di tempat umum. Ada juga larangan menggunakan saus tomat yang dikeluarkan di Prancis.

Berikut lima negara yang punya kebijakan makanan yang aneh, dilansir dari Fox News (09/08).

Baca Juga: 5 Aturan Makan Tak Lazim Ini Diterapkan Untuk Keluarga Kerajaan Inggris


1. Prancis

5 Negara Ini Punya Aturan Makan dan Minum yang AnehFoto: Istimewa

Pada tahun 2011 lalu, Prancis mengeluarkan peraturan yang melarang pengunaan saus tomat di sekolah. Menurut pemerintah, saus tomat ini bisa membahayakan karena dapat menghilangkan cita rasa makanan Prancis.


"Kita harus memastikan bahwa anak-anak familiar dengan resep makanan Prancis, yang nantinya akan diwariskan ke generasi selanjutny," tutur Christophe Hebert, selaku ketua dari National Association of Directors of Collective Restaurants.


2. Dubai

5 Negara Ini Punya Aturan Makan dan Minum yang AnehFoto: Istimewa

Larangan makanan selanjutnya dikeluarkan oleh negara Dubai pada tahun 2011. Peraturan ini melarang turis dan pekerja asing untuk makan dan minum di tempat umum, selama bulan ramadhan. Hal ini diterapkan untuk menyesuaikan norma yang berlaku di Dubai.

Selain itu, jika seseorang tertangkap mengonsumsi makanan atau minuman, hingga merokok di jam puasa. Maka orang tersebut bisa dikenakan hukuman penjara dan denda.


3. Singapura

5 Negara Ini Punya Aturan Makan dan Minum yang AnehFoto: Istimewa

Sebagai salah satu negara yang paling bersih di wilayah Asia. Singapura punya peraturan yang cukup ketat, tentang sampah dan makan di transportasi umum.

Singapura melarang setiap penumpang untuk mengonsumsi permet karet di dalam MRT. Jika tertangkap memakan permen karet, akan diberikan denda uang yang cukup besar. Apalagi Singapura telah melarang penjualan permen karet selama lebih dari 20 tahun.


4. Denmark

5 Negara Ini Punya Aturan Makan dan Minum yang AnehFoto: Istimewa

Nah, kalau di Denmark, peraturan makannya sedikit unik dan sangat mengutamakan orang-orang di sana. Menurut kebijakan pemerintah Denmark, tamu atau pengunjung restoran tidak diwajibkan membayar makanan mereka, kecuali mereka merasa benar-benar kenyang.

Selain itu mereka juga tak perlu membayar makanan di restoran, jika mereka merasa kurang puas dengan makanan yang disajikan oleh restoran tersebut.


5. Bolivia

5 Negara Ini Punya Aturan Makan dan Minum yang AnehFoto: Istimewa

Berkunjung ke La Paz di Bolivia, ada larangan makanan yang unik sekaligus menimbulkan pro dan kontra, terutama untuk kaum wanita. Di sana, wanita yang sudah menikah dilarang mengonsumsi wine lebih dari satu gelas.

Alasannya karena jika wanita mengonsumsi bergelas-gelas wine, dikhawatirkan mereka akan mabuk dan mulai menggoda para pria. Tentunya peraturan ini dikritik keras, karena kebijakan ini tidak berlaku untuk pria yang sudah menikah.

Baca Juga: Meskipun Enak 5 Bahan Makanan Ini Dilarang di Beberapa Negara di Dunia

Simak Video "Cara Unik Penjual Soto di Boyolali Ingatkan Aturan Makan 20 Menit"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com