Resep Soto Ayam Gurih dan Enak yang Mudah Dibuat Sendiri

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Agu 2019 10:30 WIB
Resep soto ayam. Foto: iStock
Jakarta - Butuh kehangatan? Semangkuk soto ayam bisa kamu nikmati. Daripada membeli, buat saja soto ayam di rumah dengan melihat resep soto ayam gurih dan enak di sini.

Rahasia kelezatan soto ayam terletak pada kuah kaldunya. Soto ayam juga sangat beragam jenisnya, ada soto ayam bening, soto ayam kuning, soto ayam dengan kuah santan hingga soto ayam Lamongan. Semua resep soto ayamnya bisa jadi ide untuk jualan.

Umumnya, satu porsi soto ayam dilengkapi dengan tauge, suun, telur rebus, suwiran ayam goreng, bawang goreng, jeruk nipis, kecap, dan sambal rawit. Beberapa juga ada yang menambahkan koya serta kerupuk udang, seperti resep soto Lamongan.

Butuh insipirasi menu masakan buat besok? Berikut ini beberapa resep soto ayam dari detikFood yang gurih dan enak.

1. Resep Soto Ayam Bening

Resep soto ayam bening khas Kudus.Resep soto ayam bening khas Kudus. Foto: iStock

Resep soto ayam bening ini merupakan soto yang menjadi makanan khas Kudus. Banyak orang juga menyebutnya soto Kudus. Soto Kudus memiliki kuah yang bening dan biasanya disajikan dengan mangkuk kecil.

Soto Kudus berisi nasi putih, suun, tauge rebus, dan siraman kuah soto. Makin enak resep soto ayam ini dilengkapi dengan perkedel kentang, sate paru, telur pindang, hingga sate kerang.

Jangan lupa ya untuk tambahkan kucuran jeruk nipis dan juga sambal. Tertarik membuatnya di rumah? Berikut ini resep soto ayam bening: soto Kudus bisa kamu cek di sini.


2. Resep Soto Ayam Kuning

Resep soto ayam kuning.Resep soto ayam kuning. Foto: detikFood

Selain resep soto ayam bening, kamu juga bisa membuat resep soto ayam kuning yang warnanya lebih cerah. Soto ayam kuning isinya ada suwiran daging ayam, tauge, suun, dan telur rebus. Tambah dengan taburan bawang goreng serta perasan jeruk nipis.

Ini dia resep soto ayam kuning yang bisa kamu contek. Klik di sini untuk lihat cara membuatnya secara lengkap.

Tertarik dengan resep soto ayam santan? Kamu bisa lihat beberapa tips ketika membuat resep soto ayam yang berpadu dengan santan. Apa saja ya?

Salah satu yang patut kamu perhatikan adalah cara pembuatan kaldu dan juga pemilihan santannya. Selain itu pemilihan ayamnya juga perlu kamu ketahui.

Resep soto ayam santan.Resep soto ayam santan. Foto: Detikfood

1. Santan

Dalam pembuatan resep soto ayam santan, kamu harus memilih santan yang segar. Sebaiknya jangan menggunakan santan instan, supaya rasa sotonya lebih gurih.

Pilih kelapa segar yang sudah tua dengan daging tebal. Setelah diparut dan diperas, sebaiknya santan langsung dimasak atau disimpan dalam freezer.

2. Kuah Kaldu

Kuah kaldu bisa dibuat dari tulang dan sayap dari ayam kampung atau ayam negeri. Potong ayam menjadi 4 bagian lalu tambahkan dengan ceker ayam dan campurkan air, masak hingga mendidih, angkat ayam. Buang air rebusan pertama.

Supaya tak bau anyir, ganti air panas, dan didihkan kembali. Masukkan ayam kembali lalu masak dengan api kecil hingga ayam empuk.

3. Bumbu Resep Soto Ayam

Untuk membuat resep soto ayam yang gurih kamu bisa menggunakan bumbu kuning. Bumbu halus kuning terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, dan kunyit. Jangan lupa tambahkan daun salam, serai, dan daun jeruk.

Tumis sampai harum dan bumbu berbutir halus sebagai tanda sudah matang. Angkat dan masukkan dalam air kaldu dan santan. Mudah kan?

Sajikan soto ayam dengan suwiran ayam serta beberapa pelengkap soto yaitu tauge, suun, telur rebus, hingga bawang goreng.


Selamat mencoba membuat resep soto ayam enak!







Simak Video "Masak Masak: Resep Roti Sobek Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)