Italia Larang McDonald's Buka Gerai di Dekat Situs Sejarah 1.800 Tahun

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 06 Agu 2019 10:28 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - McDonald's (McD) yang ada di berbagai negara justru dilarang buka di ibu kota Roma oleh kementerian budaya Italia. Hal ini terkait lokasi yang dianggap tidak tepat.

Food & Wine (1/8) melaporkan, McD diusulkan akan dibangun di sebelah situs kuno berusia 1.800 tahun, Baths of Caracalla, Roma. Namun rencana ini ditolak sebab pemandian ini termasuk tempat bersejarah karena berasal dari abad ke-3 dan berada di dekat pusat kota.

McD mungkin sengaja ingin membuka gerai dekat area tersebut karena target marketing mereka. Namun Kementerian Budaya Italia mempertimbangkannya, sebab McD akan mengambil area seluas 8.600 kaki persegi atau sekitar 2.621 meter. Kehadiran McD dikhawatirkan akan mengganggu dan mengubah bangunan yang seharusnya memenuhi aturan ketat menjadi sangat ramai.

Italia Larang McDonald's Buka Gerai di Dekat Situs Sejarah 1.800 TahunFoto: Wikipedia

Baca Juga: Bahaya Bagi Kesehatan, Restoran di India Dilarang Pakai Minyak Goreng Bekas

"Saya sudah menyatakan untuk menentang restoran cepat saji itu berada di daerah Caracalla Terme. Saya beritahu juga bahwa kementerian budaya sudah mencabut izinnya," tulis Menteri Kebudayaan Alberto Bonisoli di Facebook.

Walikota Roma, Virginia Raggi juga ikut menyetujui keputusan itu di Twitter, "Kami maju bersama Menteri Kebudayaan untuk menghentikan pembangunan restoran cepat saji di area Baths of Caracalla. Keajaiban Roma harus dilindungi," tulisnya.

Italia Larang McDonald's Buka Gerai di Dekat Situs Sejarah 1.800 TahunFoto: iStock

Menurut beberapa sumber, Roma telah berjuang untuk meningkatkan banyaknya pengunjung dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga kota ini memperkenalkan undang-undang baru yang dibuat untuk meningkatkan rasa hormat terhadap kota kuno ini.

Padahal, tanpa harus membangun gerai McD baru disana, Roma sudah memiliki 40 restoran McDonald's. Bahkan sudah ada gerai McD yang dekat sekali dengan Baths of Caracalla.

Baca Juga: Ditemukan Bakteri Kotoran Manusia Pada Layar Sentuh Pesanan di McD Inggris



Simak Video "Waktu Terbaik dan Pentingnya Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)