Anti Orang Miskin! Restoran Ini Hanya Terima Pengunjung Kaya Saja

Sonia Basoni - detikFood Senin, 05 Agu 2019 17:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Salah satu restoran mewah di New York, punya sistem yang unik. Mereka hanya menerima orang-orang kaya, dan terkenal saja untuk makan di sana.

Restoran Fleming by Le Bilboquet, terletak di wilayah Upper East Side, New York, Amerika. Restoran mewah ini terkenal eksklusif, karena memiliki 20 meja, dan hanya menerima para miliuner dan seleb terkenal sebagai pengunjung mereka.

Baca Juga: Restoran Mewah Berbintang Michelin Ini Hanya Layani 10 Tamu Saja
Anti Orang Miskin! Restoran Ini Hanya Terima Pengunjung Kaya SajaFoto: Istimewa
Dikabarkan Daily Mail UK (02/08), para pelayan di restoran Fleming diwajibkan untuk mencari nama dari pengunjung yang akan datang lewat Google, untuk mengetahui latar belakang mereka. Jika para pelayan tak bisa menemukan nama calon pengunjung tersebut di Google, atau situs lainnya, mereka berhak menolak pengunjung tersebut.

"Kami (pihak restoran) melakukan semua ini, karena kami ingin menjaga restoran ini khusus untuk orang-orang spesial saja," tulis kebijakan dari restoran Fleming.

Menurut pengakuan salah satu pelayan di sana, mereka diwajibkan mencari latar belakang dan info lengkap calon pengunjung di internet.

"Ada banyak orang kaya dan terkenal yang makan di sini, salah satunya ada aktor senior Robert De Niro, Paul McCartney, hingga Ivanka Trump," tutur pelayan yang identitasnya dirahasiakan ini.
Anti Orang Miskin! Restoran Ini Hanya Terima Pengunjung Kaya SajaFoto: Istimewa

Bukan tanpa alasan mengapa restoran Fleming ini menolak orang-orang biasa untuk makan di sana. Sang pemilik restoran ini, merupakan Ronald Parelman, salah satu miliarder terkenal yang bekerja sama dengan pemilik restoran Phillipe Delgrange.

Restoran ini terkenal dengan hidangan khas Prancis, dengan harga yang sangat tinggi. Salah satu menu yang populer di sini ada foie gras yang disajikan dengan hati ayam, lalu ada seared cod with garlic aioli, hingga wagyu beef tenderloin.

Sementara untuk masalah harga, salad kecil dihargai sekitar $40 (Rp 563.000), kemudian idangan steaknya dihargai sekitar $280 (Rp 3.993.584) per porsinya. Lalu jika pengunjung menghabiskan waktu lebih dari dua jam, pengunjung harus membeli botol champagne seharga $250 (Rp 3,564,950) agar bisa tetap duduk di dalam restoran.
Anti Orang Miskin! Restoran Ini Hanya Terima Pengunjung Kaya SajaFoto: Istimewa
"Kami ingin menjaga satu lingkungan dan suasana untuk para pelanggan kami, khususnya orang-orang kaya," lanjut pengakuan pelayan tersebut. Hal ini menimbulkan banyak perdebatan di kalangan netizen, dan warga New York sendiri.

"Apa yang dituturkan oleh pelayan itu tidak benar, dan penuh kebohongan," bela Josh Vlasto, salah satu perwakilan restoran. Tapi banyak netizen yang percaya dengan pengakuan pelayan ini.

"Saya percaya dengan fenomena pemilihan tamu sesuai latar belakang ini. Hampir semua restoran mewah di Los Angeles sudah melakukan hal ini sejak dulu," tulis seorang netizen.
Anti Orang Miskin! Restoran Ini Hanya Terima Pengunjung Kaya SajaIvanka Trump, salah satu pelanggan Fleming by Le Bilboquet. Foto: REUTERS/Kevin Lamarque

"Menurut saya mereka tidak perlu melakukan hal berlebihan seperti ini. Lagipula tidak banyak orang miskin yang mampu untuk makan di tempat ini," lanjut netizen lainnya.

Sementara netizen yang lain, menyarankan para pengunjung yang ingin makan di sana untuk membuat reservasi dengan nama selebriti ternama.

"Buat saja reservasi dengan nama seleb. Tapi saya tidak akan melakukan hal itu. Saya tidak pantas untuk makan di restoran sombong seperti itu. Siapa yang tahu, apa yang akan mereka letakkan dalam makanan saya?" pungkas netizen lainnya.

Baca Juga: Tagihan Makan Malam Pelanggan Capai Rp. 900 Juta, Restoran Shanghai Ini Viral

Simak Video "Ko'Ju, Resto Hidangan Jepang Mungil Dekat MRT Cipete"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)