Akun Ini Dikecam Netizen, Usai Unggah Video Anak Kecil Makan Gurita Raksasa

Sonia Basoni - detikFood Senin, 05 Agu 2019 16:30 WIB
Foto: People
Jakarta - Tren mukbang atau makan banyak di YouTube, jadi konten video yang tengah digandrungi, terutama di Korea Selatan. Tapi akun YouTube ini justru tuai kecaman, dari video mukbangnya.

Berasal dari Korea Selatan, tren mukbang di internet terus meningkat pesat. Tak hanya orang dewasa saja, bahkan kini banyak bermunculan YouTubers cilik yang melakukan mukbang dengan berbagai makanan yang dipilihkan oleh orang tua mereka.

Baca Juga: Lucunya Aksi Anak-anak yang Ikutan Tren Mukbang, Ada yang Makan Ulat!
Akun Ini Dikecam Netizen, Usai Unggah Video Anak Kecil Makan Gurita RaksasaFoto: Istimewa
Dikabarkan Allkpop (03/08), salah satu kanal YouTube asal Korea Selatan, yang namanya dirahasiakan, baru-baru ini mendapatkan kritik dan kecaman dari netizen. Pasalnya, dalam kanal tersebut ada video mukbang dua anak kecil kembar, yang masih berusia enam tahun, berusaha menghabiskan gurita raksasa seberat 10 kg.

Video itu berjudul "Anak Kembar Seberat 15 kg makan Gurita Seberat 10kg," lengkap dengan isi video di mana dua anak kembar itu berusaha sekeras mungkin, memotong hingga memakan potongan gurita rebus yang sangat besar.

Tentu saja hal ini menuai kontroversi dari para netizen, banyak yang mengrkitik bahwa pemilik akun YouTube ini sangat tidak bertanggung jawab karena membuat konten video, yang tak sesuai dengan umur kedua anak tersebut.
Akun Ini Dikecam Netizen, Usai Unggah Video Anak Kecil Makan Gurita RaksasaFoto: Istimewa

Namun banyak juga yang mengatakan bahwa mukbang dengan gurita raksasa ini, merupakan cara orangtua anak kembar ini untuk bermain bersama anak-anak mereka. Menanggapi kritikan ini, akhirnya orangtua dari kedua anak ini meminta maaf, dan memutuskan untuk menghapus video mukbang tersebut.

"Kami akan melakukan tugas yang lebih baik lagi dalam membuat konten video yang pantas dan sesuai," ungkap permintaan maaf mereka.

"Menurut saya sebenarnya tak ada yang salah dengan video ini. Sebagian besar orang Korea memang menyantap gurita, dan sudah menjadi bagian dari budaya mereka. Saya hanya berharap bahwa orang tua mereka memotong gurita itu menjadi lebih kecil, agar lebih mudah dimakan oleh kedua anak mereka," tulis seorang netizen.
Akun Ini Dikecam Netizen, Usai Unggah Video Anak Kecil Makan Gurita RaksasaFoto: Istimewa

Hal serupa juga dituliskan oleh netizen lain, yang mempermasalahkan ukuran gurita itu.

"Saya juga tidak melihat adanya hal yang salam dalam video mukbang ini, apalagi guritanya juga sudah mati. Tapi ukurannya sangat besar, apalagi untuk anak-anak berusia enam tahun," lanjut netizen lainnya.

Sementara banyak juga netizen yang merasa kesal karena kini bermunculan akun YouTube dengan bintang anak kecil. Sehingga dianggap sebagai bagian dari eksploitasi anak, yang dilakukan oleh orang tua mereka untuk mendapatkan uang.


Baca Juga: Ada yang Lucu Sekaligus Mengerikan dari Video Mukbang Gagal Ini

Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Mie Pedas Korea Bareng Marsha Aruan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)