Olahan Daging Idul Adha

Sate hingga Sop, Olahan Spesial Serba Daging Meriahkan Idul Adha

Sonia Basoni - detikFood Senin, 05 Agu 2019 15:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Idul Adha, jadi momen spesial bagi umat Muslim di seluruh dunia. Hari raya ini identik dengan sajian aneka daging sapi hingga kambing, sebagai perayaan kurban.

Setiap tahunnya seluruh umat Muslim merayakan hari raya Idul Adha yang jatuh pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Disebut sebagai hari raya haji, perayaan ini juga dikenal sebagai 'Idul Qurban'. Tradisi penyembelihan hewan kurban berupa sapi atau kambing ini, sudah menjadi ritual yang ada sejak dulu.

Baca Juga: Gule Kambing yang Gurih Sedap Favorit Sajian Idul Adha
Sate hingga Sop, Olahan Spesial Serba Daging Meriahkan Idul AdhaFoto: iStock
Tahun ini hari raya Idul Adha jatuh pada hari Minggu, tanggal 11 Agustus nanti. Di Indonesia, perayaan hari raya kurban jadi momen yang spesial bagi banyak orang. Selain menjadi hari untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga, mereka juga bisa menikmati aneka hidangan berbahan dasar daging sapi dan kambing, dari hewan kurban yang dibagikan.

Selain berbagi daging kurban ke sesama, atau kepada orang-orang yang membutuhkan, acara masak bersama juga tak lepas dari perayaan ini. Banyak orang yang memilih untuk membuat sate di rumah menggunakan daging kurban, sambil berkumpul dengan keluarga.

Banyak juga yang mengolah daging kurban ini menjadi berbagai makanan enak, seperti gulai, sop, hingga semur. Di beberapa wilayah Indonesia juga punya hidangan khusus saat Idul Adha, seperti olahan tengkleng dari Solo, lalu balanga dari Gorontalo, rabeg dari Banten, hingga kari kambing dari Aceh.
Sate hingga Sop, Olahan Spesial Serba Daging Meriahkan Idul AdhaFoto: iStock
Meski begitu, selalu awasi konsumsi hidangan daging, agar tidak berdampak buruk kepada kesehatan. Terutama kadar kolesterol yang cenderung naik, saat hari raya. Konsumsi daging bisa dibatasi, atau dipadukan dengan sayuran agar lebih sehat.

Nah, di ulasan spesial Idul Adha kali ini, detikFood akan membahas tentang serba-serbi cara membersihkan daging hingga mengolah daging kurban. Mulai dari cara membersihkan daging sapi atau kambing, cara menghilangkan bau prengus dari daging kambing, sampai tips dan trik mengolah jeroan seperti limpa, usus, babat, dan hati sapi atau kambing.
Sate hingga Sop, Olahan Spesial Serba Daging Meriahkan Idul AdhaFoto: iStock

Tak ketinggalan ulasan yang membahas tips membuat sate enak di rumah, cara agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging, langkah memasak daging agar empuk dan tak alot, hingga menyiasati mengolah daging kurban yang banyak tulangnya menjadi hidangan yang lezat.

Terdapat juga aneka resep mudah membuat sup kambing yang bening dan gurih, sampai rekomendasi tempat makan nasi kebuli hingga sate yang enak di sekitaran Jabodetabek. Untuk itu simak terus artikel seputar sajian Idul Adha yang spesial di detikFood!

Baca Juga: Nasi Gurih dengan Daging Kambing yang Sedap Buat Sajian Idul Adha



Simak Video "Kadedemes, Sajian Jadul dari Kulit Singkong"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)