Sajian Lezat Idul Adha

Gule Kambing yang Gurih Sedap Favorit Sajian Idul Adha

Maya Safira - detikFood Sabtu, 10 Sep 2016 12:15 WIB
Foto: detikFood
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha
Jakarta - Gule merupakan olahan populer daging kambing. Tentunya sajian ini bisa jadi inspirasi untuk Idul Adha.

Daging kambing dapat diolah jadi berbagai hidangan. Mulai dari tongseng hingga nasi goreng.

Gule termasuk sajian yang erat dengan pemakaian daging kambing. Sebab pemakaian aneka rempah kuat pada hidangan ini cocok untuk menutupi aroma tajam kambing.

Tidak hanya itu, daging kambing juga cocok sebaiknya dimasak lama supaya empuk. Tentunya proses pembuatan gule yang cukup memakan waktu bisa membuat daging kambing makin enak.


Pembuatan gule juga bisa memanfaatkan jeroan kambing. Tidak hanya sekadar daging saja. Gule dapat diberi tambahan limpa, babat, paru dan usus.

Dalam memasaknya, gule memakai santan dan aneka bumbu berempah. Seperti daun jeruk, serai, cengkih, kapulaga, kayu manis, jintan, adas, lengkuas dan masih banyak lagi. Bahan-bahan tersebut menghasilkan rasa gurih pekat dalam gule.


Gule yang berkuah hangat dan agak encer ini begitu nikmat disantap dengan nasi ataupun ketupat. Supaya makin sempurna bisa diberi pelengkap acar mentimun rawit, bawang merah goreng dan kecap manis.

Mau membuat gule versi Jawa untuk Idul Adha? Ikut saja resep gule kambing ini. Tips pembuatannya dapat dilihat di sini.

Jika tertarik rasa lebih pedas, coba saja buat gulai gaya Sumatera. Rasanya makin gurih dengan tambahan kelapa parut sangrai.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Lezat Idul Adha

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com