3 Resep Opor Ayam Enak dan Tips Membuatnya

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 04 Agu 2019 10:00 WIB
Resep opor ayam enak. Foto: iStock Resep opor ayam enak. Foto: iStock
Jakarta - Resep opor ayam kuning, bakar, dan pedas bisa dibuat di rumah. Perpaduan gurihnya ayam dan santan enak disantap dengan nasi atau lontong. Yuk, coba!

Masakan rumahan yang satu ini identik dengan menu Lebaran. Meskipun begitu, opor bisa jadi menu harian untuk keluarga di rumah. Opor merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki ragam berbeda di setiap daerah.

Berikut ini tips membuatnya agar opor ayamnya enak:

1. Ayam

Agar rasa opor ayamnya semakin gurih, kamu bisa menggunakan ayam kampung yang gemuk dan mengandung lemak. Akan tetapi jika tak mau terlalu banyak lemak, kamu bisa bakar atau panggang ayam terlebih dulu sebelum dibuat opor.

2. Santan

Untuk mendapatkan kuah opor ayam yang gurih alami, gunakan santan dari kelapa segar. Pilihlah kelapa tua yang dagingnya tebal. Dalam proses perebusan, sebaiknya rebus ayam dengan bumbu dan santan encer terlebih dulu sampai ayam hampir lunak. Tambahkan santan kental kemudian masak sampai matang.

3 Resep Opor Ayam Enak dan Tips MembuatnyaBumbu untuk resep opor ayam. Foto: detikFood

3. Bumbu

Agar rasanya gurih dan enak, dalam resep opor ayam untuk pemula wajib menggunakan bumbu dasar putih jika ingin membuat resep opor ayam putih. Bisa juga tambahkan bumbu dasar putih dengan kunyit untuk membuat resep opor ayam kuning.

Sebelum dicampurkan dengan ayam, pastikan kamu sudah menumis bumbu hingga matang dan tambahkan daun salam serta daun jeruk.


4. Masak dengan api kecil

Setelah potongan ayam dimasukkan ke dalam kuah santan, biarkan hingga mendidih. Setelah itu, masak dengan api kecil sampai santan menyusut dan ayam menjadi empuk.

DetikFood punya beberapa resep opor ayam enak nih. Mau coba?

1. Resep Opor Ayam Kuning

3 Resep Opor Ayam Enak dan Tips MembuatnyaResep opor ayam kuning. Foto: detikFood

Opor ayam kuning sering dijadikan sebagai hidangan Lebaran orang Jawa. Supaya makin enak, opor ayam bisa ditambahkan dengan belimbing wuluh. Ayamnya yang empuk cocok dipadu dengan nasi atau pun lontong. Jangan lupa sambal dan kerupuknya ya.

Mau bikin? Klik di sini untuk melihat resep opor ayam kuning secara lengkap. Resep opor ayam ini juga cocok untuk kamu yang pemula lho.

2. Resep Opor Ayam Pedas

Resep opor ayam pedas.Resep opor ayam pedas. Foto: iStock

Opor ayam yang satu ini tidak hanya gurih tapi juga bercitarasa pedas. Bumbu rempahnya komplet, dengan kuah santan yang gurih.

Klik resep opor ayam pedas di sini untuk melihat bahan serta cara pembuatannya.

3. Resep Opor Ayam Bakar

Resep opor ayam bakar.Resep opor ayam bakar. Foto: iStock

Kalau resep opor ayam selanjutnya, ini adalah khas Jawa khususnya Jawa Timur. Ayam kampung dibakar terlebih dulu sampai bagian luarnya kering. Setelah itu, ayam bisa dicampurkan ke dalam kuah santan opor ayam.

Tertarik mencoba? Langsung yuk klik resepnya di sini untuk melihat secara lengkap cara membuat resep opor ayam bakar.








Simak Video "Resep Opor Ayam"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)