Makanan Kaki Lima Lezat

Serba Sambal! Warung Tenda Ini Punya Racikan Sambal Super Pedas yang Hits

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 03 Agu 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kini kuliner ekstra pedas memiliki banyak penggemar. Banyak warung tenda kaki lima, yang bermunculan menyajikan racikan sambal pedas menyengat enak.

Dikemas dengan nama unik dan aneh seperti sambal setan hingga sambal devil. Beberapa warung tenda ini, terkenal dengan ciri khas ulekan sambal dengan puluhan cabe yang bikin nagih. Bagi para penggemar makanan pedas, lima warung tenda ini bisa disambangi saat akhir pekan.


1. Raja Sambel Devils

Serba Sambal! Warung Tenda Ini Punya Racikan Sambal Super Pedas yang HitsFoto: Istimewa

Warung tenda yang berjualan di pinggir jalan Saharjo, Tebet ini, punya nama yang menarik perhatian. Disebut sambal iblis, ratusan cabe ditambah dengan bumbu dan bawang jadi menu utama di sini. Berbeda dengan warung tenda lainnya, di sini pengunjung bisa tambah sambel sepuasnya. Karena sambel disediakan di setiap meja.

Untuk lauknya, bisa pesan ayam goreng, bawal krispi, lele, tumis cumi pete, jengkol balado, tak ketinggalan sambal kangkung yang sama-sama bikin bibir jadi panas! Kisaran harganya dari Rp 10.000 an saja.

Baca Juga: Raja Sambel Devils: Tersengat Pedasnya Sambal 'Devil' dengan Bawal Krispi

Raja Sambal Devil Saharjo
JL. Dr. Saharjo No.1
Tebet Barat, Jakarta Selatan.
Telp: 0812-6692-2222
Jam Buka: 17.00 - 00.00.


2. Sambel Setan Ngondek
Serba Sambal! Warung Tenda Ini Punya Racikan Sambal Super Pedas yang HitsFoto: Istimewa

Di wilayah Gandaria, ada warung tenda bernama 'Sambel Setan Ngondek' yang heboh karena rasa sambalnya yang sangat pedas. Kenapa disebut ngondek? Karena ciri khas di sini, hampir setiap pelayannya menyapa pengunjung dengan gaya 'ngondek' yang lucu.

Untuk menu yang ditawarkan tak sebatas ayam atau lele goreng saja. Tapi ada kerang dara, kangkung, cumi goreng, ikan, sop, hingga lalapan yang dicampur dengan jagung manis. Menu-menu di sini dibanderol dari harga Rp 15.000 saja.

Sambel Setan Ngondek
Jl. Gandaria I No. 335 (Sebelah Pom Bensin).
Gandaria, Jakarta Selatan.
Telp: 087885440331
Jam Buka: 18:00 - 02:00


3. Sambel Setan Bu Mut

Serba Sambal! Warung Tenda Ini Punya Racikan Sambal Super Pedas yang HitsFoto: Istimewa

Salah satu tempat makan kaki lima yang paling terkenal karena racikan sambalnya. Warung tenda ini letaknya di sekitar Bendungan Hilir, pengunjung datang silih berganti. Ada yang penasaran dengan rasa sambal setan di sini, ada juga yang ketagihan.

Sambel setan di sini terkenal dengan rasa dominan terasi dan cabe rawit yang cukup tajam. Paling cocok dipadukan dengan ayam goreng, ikan gurame, ikan salam, hingga sate kulit yang digoreng hingga garing. Kisaran harganya dari Rp 15.000 an saja.

Sambel Setan Bu Mut
Jl. Pejernihan I , Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.
Telp: 081287838181
Jam Buka: 17:30 - 02:00



4. Sambal Setan Lambe Turah

Serba Sambal! Warung Tenda Ini Punya Racikan Sambal Super Pedas yang HitsFoto: Istimewa

Sekilas nama warung tenda ini mirip seperti nama salah satu akun gosip yang terkenal di Instagram. Ternyata inspirasi dari nama tenda ini, karena sengatan pedasnya sambal yang mirip seperti gosip-gosip dari Lambe Turah.

Di sini sambalnya sangat pedas, bahkan dari aromanya saja sudah tajam. Untuk menu yang populer ada oseng cumi asin, ayam dan bebek goreng, bawal laut, lele, hingga Oseng 3T berisi tahu, toge, dan teri. Harga makanan di sini berkisar Rp 20.000.

Baca Juga: Sambal Setan Lambe Turah: Huah! Makan Cumi Rumor Cocol Sambal Pedas Mampus

Sambal Setan Lambe Turah
Jl. Matraman Raya, Matraman, Jakarta Timur.
Telp: 0812-8002-0556
Jam Buka: 17.30 - 01.30


5. Sambel Plecing Jengkelin

Serba Sambal! Warung Tenda Ini Punya Racikan Sambal Super Pedas yang HitsFoto: Istimewa

Warung tenda yang satu ini tenar karena banyaknya Food Blogger yang berkunjung ke sana. Sesuai namanya, menu utama di sini ada sambel plecing ekstra pedas. Tapi meski pedas, citarasa bumbu dan ulekannya justru bikin nagih.

Sambel plecing di sini biasanya disantap dengan ceker tumis, kembung goreng, ayam, hingga cumi tumis. Tersedia juga topping tambahan seperti telur brutal, cah campur-campur, hingga kombo teri dan pete yang bikin nafsu makan meningkat.

Sambel Plecing Jengkelin
Jl. KH Mas Mansyur No. 2.
Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Telp: 081280981333

Simak Video "Cerita di Balik Menjamurnya Warung Soto Khas Lamongan "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)