'Ulam: Main Dish', Film Dokumenter Pertama yang Tampilkan Makanan Khas Filipina

Devi Setya - detikFood Jumat, 02 Agu 2019 13:15 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Budaya Filipina perlahan menarik perhatian banyak orang. Demikian juga aneka kuliner khasnya yang kemudian diabadikan lewat film dokumenter bertema makanan Filipina.

Dikabarkan Food Beast (2/8) hidangan legendaris dan tradisi makan masyarakat Filipina diabadikan lewat sebuah film dokumenter. Film ini juga sekaligus menjadi film pertama yang merekam kegiatan kuliner di Filipina.

Film berdurasi 1 jam 19 menit ini diberi judul 'Ulam : Main Dish' dan kabarnya film ini akan ditayangkan secara luas di Filipina hingga mancanegara. Produser sekaligus sutradara film ini, Alexandra Cuerdo berharap film ini bisa membuat kuliner Filipina lebih dikenal dunia.
'Ulam: Main Dish', Film Dokumenter Pertama yang Tampilkan Makanan Khas Filipina Foto: istimewa

Baca juga : Foodies, Ini 5 Film Keren Tentang Makanan yang Wajib Kamu Tonton

Sebelumnya, kuliner Filipina pernah populer berkat pemberitaan aktivis kuliner Jonathan Gold dan Anthony Bourdain. Selain dua pakar kuliner ini, terlihat tak ada lagi orang yang mengabadikan ataupun mempublikasi aneka makanan Filipina.

Film ini menyuguhkan berbagai makanan yang terkenal dan jadi favorit masyarakat Filipina. Tradisi makan, pemandangan pedagang kaki lima hingga sajian mewah di restoran juga turut ditampilkan dalam film.

Bukan hanya makanan, film ini juga melibatkan beberapa orang yang aktif bekerja di dunia kuliner seperti chef, pemilik restoran dan pencinta kuliner. Di sini turut tampil Chef Alvin Cailan yang cukup terkenal di Filipina.
'Ulam: Main Dish', Film Dokumenter Pertama yang Tampilkan Makanan Khas Filipina Foto: istimewa

Baca juga : Inilah 10 Film yang Perlu Ditonton Para Pencinta Kuliner (1)

Film ini bisa disaksikan di berbagai bioskop khusus film dokumenter di berbagai negara. Atau untuk versi praktis bisa melakukan download film lewat beberapa situs berbayar. Versi DVD film ini juga dipasarkan secara luas secara online.

Sebagai sutradara, Alexandra Cuerdo berharap film ini bisa lebih membuka mata para pencinta kuliner tentang makanan Filipina. Ia juga berharap film sekaligus bisa jadi panduan para pelancong dan pencinta kuliner ketika hendak menjelajah makanan di Filipina.

Simak Video "Lembutnya Pancake Topping Boba hingga Matcha yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com