Inilah 10 Film yang Perlu Ditonton Para Pencinta Kuliner (1)

Christina Ambarrita - detikFood Rabu, 10 Feb 2016 09:11 WIB
Foto: mountainfilm.org, Hollywoodreporter.com
Jakarta - Makanan bisa menjadi inspirasi sebuah film.​ ​B​eberapa film yang kisahnya memiliki keterkaitan dengan beberapa jenis makanan. ​Selain film ​drama, ​ada​ dokumenter dan sitkom pun ada yang bertema makanan.

Kecuali mempelajari kisah yang diungkap dalam film dan terhibur, film bertema makanan juga bisa jadi sarana menambah wawasan soal kuliner. Jika Anda suka nonton dan suka makan, film-film ini bisa jadi pilihan yang menghibur.
 

1. Tampopo (1985)



Film asal Jepang ini bercerita tentang seorang pria berpenampilan ala koboi yang membantu seorang janda menghidupkan kembali restoran ramennya bahkan menjadi restoran nomor satu di daerahnya. Film ini tak hanya menyuguhkan seputar pembuatan ramen saja, didalamnya sang sutradara berusaha menceritakan ambisi dan beragam sifat manusia lainnya yang disajikan dengan bumbu cerita berlatar belakang usaha ramen.
 

2. Ratatouille (2007)



Bagi penggemar film keluaran Pixar tentu tak asing dengan kisah persahabatan seekor tikus bernama Remy dan Alfredo Linguini. Berlatarbelakang kota Paris, film ini menyajikan bagaimana kerumitan pekerjaan para koki di dapur serta menyuguhkan kuliner Paris yang ditampilkan dalam versi animasi.​ Disajikan dengan gaya ​humor yang membuat penonton akan tertawa melihat kerja sama dan tingkah konyol Remi dan Linguini.


3. Babette’s Feast (1987)

Babette (diperankan Stephane Audran) adalah seorang chef asal Paris yang mencari perlindungan di desa kecil di Denmark. Mulanya Babette meminta para biarawati disana untuk menerimanya sebagai pembantu rumah tangga. Namun permintaan itu ditolak. Akhirnya ia mengajukan diri juru masak yang bekerja sukarela selama 14 tahun ke depan. Tak sengaja Babette memenangkan lotre yang sebenarnya bisa membawanya kembali pulang ke Paris. Namun ia lebih memilih menggunakan uang itu untuk menyajikan masakan Prancis bagi perayaan ulangtahun seorang pendeta di tempat barunya itu.


4. Eat Drink Man Woman (1994)

Film asal Taiwan ini dirilis pada tahun 1994 silam. Menceritakan tentang kisah seorang ayah dengan tiga orang anak perempuan yang sudah beranjak dewasa. Sang ayah, Master Chu adalah ayah sekaligus master Chinese Food. Ia selalu berusaha menghadirkan tradisi makan bersama yang mewah bagi keluarganya kendati sang istri telah meninggal dunia lebih dulu. Tidak hanya membahas tradisi makan mewah keluarga Chu, didalamnya terdapat adegan saat Chu berusaha mengolah dan menyajikan makanan hingga cerita-cerita menarik mengenai kisah ketiga putrinya yang berbeda namun dikemas dalam alur sinematografi yang rapi serta penyampaian emosional yang cukup terasa.


5. Jiro Dreams of Sushi (2011)



Jiro Ono dikenal sebagai chef sushi pertama yang menerima tiga bintang Michelin. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu ‘harta negara Jepang’. Ia kemudian membuat cerita dokumenter mengenai dirinya dan kisahnya bertahun-tahun yang lalu saat ia masih bekerja pada subway bar sebagai pembuat sushi yang selalu dinantikan para pelanggan. Film ini tak hanya bercerita tentang sushi, namun juga menampilkan cerita tentang kegigihan, cita-cita, dan perfeksionalitas.



(tan/odi)