Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan Restoran

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 02 Agu 2019 08:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kentang panggang buatan restoran begitu garing di luar dan lembut di dalam. Ternyata ada rahasia dalam membuat kentang panggang sempurna ini.

Selain kentang goreng, kentang panggang juga jadi camilan yang digemari banyak orang. Apalagi jika tekstur kentang panggang garing di luar dan lembut di dalam. Camilan ini pun mudah ditemui di restoran cepat saji.

Bukan hanya enak, ternyata kentang panggang memiliki manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan tulang, mengurangi peradangan dan tekanan darah.

Dilansir dari Times of India (19/7), inilah hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kentang panggang supaya memiliki tekstur sama seperti di restoran.

Baca Juga: Ini Caranya Agar Kentang Cepat Empuk Saat Direbus

1. Perhatikan cara memotong kentang

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Meskipun yang Anda inginkan adalah kentang panggang, namun cara memotongnya juga tetap harus diperhatikan. Jika Anda ingin mendapatkan tekstur yang luarnya renyah dan di dalamnya lebih lembut, Anda harus memotongnya dalam permukaan lebih besar.

Pertama, potong kentang menjadi dua, lalu potong lagi setiap potongan dengan sudut 30 derajat. Ini akan membantu Anda meningkatkan ukuran permukaan potongan kentang.

2. Minyak yang tepat

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: iStock

Sangat penting untuk memilih minyak yang tepat saat Anda memanggang kentang. Bila Anda ingin memiliki hasil akhir renyah pilihlah minyak yang memiliki suhu tinggi. Cara ini akan membantu mencegah kentang gosong nantinya. Anda bisa gunakan lemak hewani seperti mentega yang tahan suhu tinggi, namun tetap menambah rasa ke kentang tersebut.

3. Rebus kentang

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Sebelum di panggang, kentang memang perlu direbus terlebih dahulu supaya dalam memanggangnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa rebus kentang selama 20 menit dengan api sedang.

4. Lapisi dengan tepung jagung

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Jika Anda menginginkan kentang yang lebih renyah, Anda bisa lapisi dengan tepung jagung. Pertama, lapisi kentang dengan minyak. Kemudian tepung jagung dicampur dengan bumbu seperti garam, bubuk bawang putih, bubuk dan lain-lain. Jika tepung jagung sudah siap, masukan kentang ke dalamnya.

5. Ukuran loyang disesuaikan

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Kesalahan lain yang mengakibatkan keseluruhan kentang tidak renyah, ialah saat meletakkan kentang ke dalam wadah sebelum dipanggang. Pastikan kentang-kentang tidak saling tindih karena jika itu terjadi, maka kentang yang tidak terkena panas akan menjadi basah dan tidak renyah.

6. Memanggang

Cara Bikin Kentang Panggang Seenak Buatan RestoranFoto: Istimewa

Sebelum memanggang kentang, olesi loyang atau wajan dengan minyak kemudian letakkan kentang di atasnya. Setelah selesai memanggang selama 20 menit dalam suhu 200C, maka perlu membalik sisi untuk mendapatkan kentang yang renyah secara merata.

Baca Juga: Peneliti Beberkan Rahasia Bikin Kentang Goreng Enak


Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com