Makanan Kaki Lima Lezat

Mendiang Anthony Bourdain Pencinta Berat Makanan Kaki Lima

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 31 Jul 2019 20:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Makanan kaki lima erat kaitannya dengan mendiang Anthony Bourdain. Ia sangat menyukainya dan memiliki sebutan spesial untuk makanan kaki lima.

Bourdain dikenal sebagai kritikus makanan dan celebrity chef yang mencintai makanan kaki lima (street food). Selama hidupnya, ayah satu anak ini telah mencicip berbagai makanan kaki lima di berbagai negara.

Bourdain bahkan pernah menghadiri World Street Food Congress (WSFC) yang diadakan di Manilla tahun 2017. Kala itu ia memberi pandangannya soal makanan.

"Tak ada yang lebih politis dari makanan. Apa yang kita makan merupakan refleksi langsung sejarah kita. Bahan makanan, apakah kering atau dibuat acar atau diawetkan semuanya mencerminkan sejarah yang panjang. Itulah cara kita mendapatkan makanan," tutur Bourdain kala itu.

Mendiang Anthony Bourdain Pencinta Berat Makanan Kaki LimaFoto: Istimewa

Baca Juga: Anthony Bourdain: Tak Ada yang Lebih Politis dari Makanan

Soal makanan kaki lima, pria yang berpengalaman di bidang kuliner selama lebih dari 30 tahun ini menyebut makanan kaki lima sebagai 'obat' untuk makanan restoran fast food. Ia pun selalu sempatkan diri cicip makanan kaki lima saat berada di suatu negara.

Dalam wawancara bersama Vogue di tahun 2016, Bourdain mengungkap makanan kaki lima favoritnya. "Laksa ala Kuching, mie dengan kuah santan dari Sarawak, Kalimantan, mungkin jadi kejutan favorit saya. (Rasanya) benar-benar nikmat dan menyegarkan setelah semalaman minum langkau, minuman alkohol lokal," ujarnya.

Ia juga menyukai Bun bo Hue. "Sup mie Vietnam, yang pedas, dengan potongan misterius daging dan darah babi (blood cake) yang memperkaya pengalaman. Bahkan lebih baik daripada pho menurut saya," ujarnya. Bourdain juga menyukai Bun oc yang merupakan sup siput populer di Hanoi.

Mendiang Anthony Bourdain Pencinta Berat Makanan Kaki LimaFoto: Anthony Bourdain

Kala di Vietnam tahun 2016, Bourdain bahkan mengajak Barack Obama mencicip makanan kaki lima enak di sana. Mereka mencoba bun cha di warung makan Bun cha Huong Lien.

Bun cha merupakan sajian tradisional Vietnam Utara yang terdiri dari daging babi panggang, mie beras, kaldu, aneka herba daun, dan nuoc cham. Bun cha disajikan hangat-hangat dan disantap memakai sumpit.

Baca Juga: Presiden Obama Menikmati Bun cha Bersama Anthony Bourdain di Hanoi

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Pembawa acara Parts Unknown di CNN ini juga pernah mencicip makanan kaki lima di Jakarta. Ia mampir ke kawasan Blok M Square pada malam hari dalam rangkaian syuting acaranya ketika itu.

Mendiang Anthony Bourdain Pencinta Berat Makanan Kaki LimaFoto: Instagram: @antinsambodo

Bourdain terlihat mencicip beberapa makanan kaki lima di kawasan yang terkenal dengan makanan angkringan ini. Ada juga nasi gudeg komplet, tumisan, gorengan, dan lauk ala warteg di kawasan Blok M Square.

Baca Juga: Setelah Cicipi Rendang, Anthony Bourdain Juga Jajan di Blok M Square

Tak sekadar mencicip, Bourdain sempat memiliki konsep serius untuk makanan kaki lima. Ia ingin membangun Bourdain Market yang seharusnya hadir di tahun ini. Bourdain Market merupakan pusat street food dunia yang hadir di New York.

Rencananya saat itu Bourdain Market diisi 100 street food terbaik dunia yang dipilih Bourdain sendiri. "Saya tak akan membuat street food seperti yang ada di lobi hotel," tegas Bourdain kala itu.



Simak Video "Cita Rasa Kuliner Arab di Sepanjang Jalan Bangka, Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)