Radang Tenggorokan Bisa Diatasi dengan 5 Racikan Tradisional Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 31 Jul 2019 08:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Saat radang tenggorokan, banyak orang langsung mengandalkan minum obat. Padahal ada cara alami untuk mengatasi radang tenggorokan.

Jika tidak menyukai rasa obat, beberapa minuman ini akan membantu atasi radang tenggorokan. Radang tenggorokan sendiri merupakan penyakit umum yang kerap terjadi terutama di musim dingin. Penyakit ini biasanya disebabkan dari infeksi seperti flu.

Mulai dari air garam hingga teh, inilah 5 racikan tradisional minuman yang dapat melawan virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan menurut Penn Medicine (8/1).

Baca Juga: Terserang Flu dan Batuk? Atasi dengan Satu Sendok Teh Madu

1. Air Garam
Radang Tenggorokan Bisa Diatasi dengan 5 Racikan Tradisional IniFoto: istimewa

Meskipun air garam tidak dengan cepat bisa menyembuhkan radang tenggorokan, tetapi air garam merupakan obat efektif untuk membunuh bakteri sambil mencairkan lendir dan mengurangi rasa sakit.

Cara menggunakannya, campurkan setengah sendok teh (sdt) garam ke dalam air hangat, kemudian Anda bisa berkumur-kumur dengan air ini.

2. Madu

"Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alami yang dapat menyembuhkan luka serta dapat mengurangi rasa sakit sambil bekerja untuk mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus," jelas Patti Mahautmr, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia. Ia juga menambahkan, "Madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun."

Jika Anda menderita batuk parah selain sakit tenggorokan, madu juga dapat meredakan batuk. Cara menggunakannya, campurkan dua sendok makan (sdm) madu dengan segelas air hangat atau teh dan aduk rata. Minumlah beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

3. Lemon
Radang Tenggorokan Bisa Diatasi dengan 5 Racikan Tradisional IniFoto: istimewa

Mirip dengan air garam dan madu, lemon sangat bagus untuk sakit tenggorokan karena dapat membantu menghilangkan lendir dan mengurangi rasa sakit. Bahkan manfaat lainnya ialah lemon dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberinya lebih banyak kekuatan untuk melawan infeksi karena dikemas dengan Vitamin C.

Cara menggunakannya, campurkan satu sendok teh perasan lemon ke dalam segelas air hangat kemudian di minum.

4. Saus Pedas

Mungkin terdengar aneh jika menggunakan saus yang pedas untuk meredakan radang tenggorokan, tetapi resep ini sebenarnya telah terbukti dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Saus pedas yang dibuat dari cabai yang tinggi capsaicin dapat digunakan untuk melawan peradangan dan menghilangkan rasa sakit.

Caranya Anda bisa teteskan beberapa tetes saus pedas ke dalam segelas air hangat, kemudian Anda bisa gunakan untuk berkumur. Meskipun awalnya akan membakar lidah Anda, namun resep ini adalah obat yang tepat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

5. Teh
Radang Tenggorokan Bisa Diatasi dengan 5 Racikan Tradisional IniFoto: iStock

Ada banyak jenis teh herbal yang bisa Anda coba untuk meredakan sakit tenggorokan dengan cepat, misalnya teh cengkeh dan teh hijau. Keduanya mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi untuk melawan infeksi.

Raspberry, chamomile, dan teh peppermint juga pilihan bagus untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Teh chamomile dapat berfungsi sebagai pelumas alami, jadi teh ini bisa menyembuhkan jika suara Anda serak. Selain itu, teh peppermint secara alami juga dapat mengurangi rasa radang tenggorokan.

Baca Juga: Saat Radang Tenggorokan, Perbanyak Konsumsi 8 Makanan Enak Ini

Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)