Makanan Kaki Lima Lezat

Manis Legit, Aneka Jajan Pasar yang Dijajakan di Kaki Lima

Riska Fitria - detikFood Selasa, 30 Jul 2019 18:00 WIB
Foto: Berwirausaha
Jakarta - Kue-kue manis banyak dijajakan oleh penjual gerobakan kaki lima. Mulai dari kue awug, martabak, kue cubit hingga kue putu.

Indonesia memiliki jajanan nusantara berupa kue manis. Ada kue Awug hingga kue putu yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Dijajakan di gerobak kaki lima dengan harga yang terjangkau. Biasanya diracik dengan kelapa atau gula saat dipesan. Soal rasa, 5 kue ini punya rasa yang manis, gurih dan bikin nagih.

1. Kue Pepe
Manis Legit, Aneka Jajan Pasar yang Dijajakan di Kaki LimaFoto: cookpad

Rasa yang manis dan tekstur yang kenyal ada pada kue pepe. Kue Pepe dikenal sebagai kue tradisional khas Betawi. Bentuknya terdiri dari lapisan-lapisan kecil dengan warna yang berbeda. Kue Pepe banyak dijajahkan oleh penjual gerobak kaki lima.

Kue Pepe paling enak dimakan sambil menyeruput secangkir kopi. Jajanan manis ini terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung beras, tepung sagu, gula pasir, santan dan pewarna makan yang kemudian dikukus hingga matang. Harga untuk satu kue berkisar sekitar Rp.2.500.

2. Martabak Mini
Manis Legit, Aneka Jajan Pasar yang Dijajakan di Kaki LimaFoto: cookpad

Martabak mini merupakan versi kecil dari martabak pada umumnya. Biasanya memiliki ukuran diameter sekitar 7cm. Meskipun lebih kecil, tetapi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat martabak ini hampir sama dengan martabak biasa.

Biasanya isian varian pada martabak mini jauh lebih bervariasi, seperti matcha, strawberry, blueberry, kacang, cokelat, keju, susu, dan masih banyak lagi. Martabak mini banyak ditemukan di perjalanan. Penjualnya menggunakan gerobak, terkadang mangkal dan terkadang berjualan keliling. Harga yang ditawarkan sekitar Rp.1.000 - Rp. 2.500.

Baca Juga : Filipina Punya Beragam Kue yang Manis dan Legit

3. Kue Lupis
Manis Legit, Aneka Jajan Pasar yang Dijajakan di Kaki LimaFoto: Kuliner Sumut

Kue lupis terbuat dari beras ketan putih yang dikukus hingga teksturnya menjadi seperti lontong. Bentuknya unik, yaitu berbentuk segitiga. Biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan siraman gula merah yang manis.

Kue lupis biasanya ditemukan di penjual jajan pasar gerobakan atau pikulan. Lupisnya masih dibungkus daun pisang. Bisa dikupas bungkusnya dan dibalut kelapa parut. Bisa juga dibiarkan dengan bungkusnya dengan kelapa dan saus gula merah dipisah.Harga yang ditawarkan Rp.3.000.

4. Kue Awug
Manis Legit, Aneka Jajan Pasar yang Dijajakan di Kaki LimaFoto: ayobandung.com

Kue Awug dikenal sebagai kue manis jajanan khas dari daerah Sunda, Jawa Barat. Kue yang sering dijadikan camilan ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, kelapa, daun pandan, dan gula merah. Rasanya pun manis dan gurih.

Bentuknya tak kalah unik dari kue lupis. Kue Awug dibuat dengan bentuk kerucut menyerupai nasi tumpeng. Hal tersebut karena kue awug dikukus dengan menggunakan cetakan bernama 'asepuan'. Semakin nikmat disajikan di atas daun pisang. Harga yang ditawarkan sekitar Rp.4.500.

5. Kue Putu
Manis Legit, Aneka Jajan Pasar yang Dijajakan di Kaki LimaFoto: berwirausaha

Jajanan nusantara ini sangat populer di kalangan masyarakat. Kue putu terbuat dari tepung beras, gula jawa dan kelapa parut. Kedua bahan dimasukkan ke dalam potongan bambu kecil dan dikukus di atas uap tabung. Setelah matang, kue ditaburi parutan kelapa.

Untuk menemukan kue jenis ini terbilang mudah. Pasalnya banyak penjual gerobakan yang sering mengitari jalanan. Cara menjualnya juga unik. Biasanya penjual membunyikan suara yang dihasilkan dari uap di tabung yang digunakan untuk mengukus. Suara yang dihasilkan tersebut merupakan ciri khas dari penjual putu. Harga yang ditawarkan sekitar Rp.1.000- Rp. 5.000.

Baca Juga : Ini Dia 5 Suguhan Kue Manis untuk Natal dari Italia

Simak Video "Buka Puasa Pakai Sawut, Enak Juga!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)