Ini Durian Jumbo 'Lima Jari' Asal Malaysia yang Bernama 'The Rock'

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 29 Jul 2019 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Malaysia punya varietas durian baru berukuran cukup besar. Durian itu pun diberi nama 'Lima Jari' atau lebih dikenal sebagai durian 'The Rock'

Sudah banyak jenis durian lezat yang tumbuh di Negeri Jiran. Sebut saja Musang King, Jin Feng, XO, D24, Black Thorn. Terbaru, hadir jenis durian yang disebut punya rasa yang bisa diadu dengan Musang King.

Ini Durian Jumbo 'Lima Jari' Asal Malaysia yang Bernama 'The Rock'Foto: Istimewa

Durian itu tumbuh di wilayah Johor, Malaysia. Durian yang ditanam oleh Mad Zin itu berhasil menduduki urutan teratas kompetisi Durian Unggul di Johor Agriculture Expo and Fruit Fair 2019 pada 28 Juni lalu.

Menurut Asia One (1/7), durian premium tersebut punya rasa yang agak pahit serta memiliki tekstur creamy. Rasanya bisa diadu dengan durian Musang King dan Black Thorn.

Baca juga: Johor Punya Durian Premium Baru, Rasanya Disebut Lebih Enak dari Musang King!

Ini Durian Jumbo 'Lima Jari' Asal Malaysia yang Bernama 'The Rock'Foto: Istimewa

Setelah itu, varietas durian baru di Malaysia mulai bermunculan. Kini negara tetangga itu bahkan memiliki durian baru yang diberi nama Lima Jari.

Durian yang tumbuh di wilayah Melaka itu juga populer dengan nama 'The Rock'. Itu karena namanya diambil dari gaya andalan Dwayne Johnson yang kerap menunjukkan telapak tangan alias kelima jarinya sebelum bergulat.

Durian asli distrik Jasin ini memiliki tekstur yang creamy dan berdaging tebal. Tak heran jika durian 'The Rock' jadi favorit warga Melaka.

Ini Durian Jumbo 'Lima Jari' Asal Malaysia yang Bernama 'The Rock'Foto: Istimewa

Dikutip dari World of Buzz (28/7), nama 'Lima Jari' alias gaya The Rock disematkan pada durian ini karena jenis duriannya memiliki ukuran yang cukup besar. Satu buah durian 'The Rock' memiliki berat berkisar antara tiga hingga empat kilogram.

Menurut Ketua Komite Industri Pertanian, Pengembangan Pengusaha, Koperasi dan Industri Berbasis Agro Norhizan Hassan Baktee, durian ini memiliki bentuk yang mirip dengan durian yang diimpor dari Thailand.

Jadi, jika berkunjung ke Melaka, Malaysia tidak ada salahnya mencari durian 'Teh Rock'. Kabarnya, rasa durian berukuran besar ini tak kalah enak dibanding durian berdaging tebal lain di Malaysia. Soal harga, durian 'The Rock' dijual seharga RM12-14 atau sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 47 ribu per kilogram.

Baca juga: Ini Asal Usul dan Ciri Durian Musang King yang Tersohor Lezat Rasanya


Simak Video "Dunia Duren untuk Para Pencinta Durian"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)