Johor Punya Durian Premium Baru, Rasanya Disebut Lebih Enak dari Musang King!

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 02 Jul 2019 11:02 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Malaysia kini punya varian baru durian kualitas premium bercitarasa enak. Rasanya tak kalah enak dibanding durian Musang King!

Durian asal Malaysia ini disebut-sebut punya rasa lebih enak dibanding durian Mao Shan Wang atau Musang King. Musang King sendiri terkenal enak berdaging tebal dengan rasa manis dan legit. Saking enaknya, kepopuleran durian ini bahkan menyaingi durian monthong asal Thailand yang sudah lebih dulu populer.

Johor Punya Durian Premium Baru, Rasanya Disebut Lebih Enak dari Musang King!Foto: Istimewa

Varietas durian baru ini berasal dari Johor, Malaysia. Durian yang ditanam oleh Mad Zin ini berhasil menduduki urutan teratas kompetisi Durian Unggul di Johor Agriculture Expo and Fruit Fair 2019 pada 28 Juni lalu.

Menurut Asia One (1/7), durian premium tersebut punya rasa yang agak pahit dan tekstur creamy. Rasanya bisa diadu dengan durian Musang King dan Black Thorn.

Baca juga: Ini Asal Usul dan Ciri Durian Musang King yang Tersohor Lezat Rasanya

Johor Punya Durian Premium Baru, Rasanya Disebut Lebih Enak dari Musang King!Foto: Istimewa
Durian yang diberi label 'P089' ini tumbuh di wilayah Kampung Tengah. Kampung Tengah merupakan sebuah desa yang ada di wilayah Segamat. Menurut Mad Zin durian miliknya punya rasa paling enak dibanding jenis durian lain yang tumbuh di wilayah tersebut.

Hingga kini, durian kualitas premium itu masih belum memiliki nama. "Saya membiarkan (pihak departemen pertanian) untuk menamai durian ini jika sudah teregistrasi," jelas Mad Zin pada CNA.

Johor Punya Durian Premium Baru, Rasanya Disebut Lebih Enak dari Musang King!Foto: Istimewa

Sebenarnya tak hanya durian berlabel 'P089' yang dikirim Mad Zin dalam kompetisi Durian Unggul 2019. Ia turut mengirim jenis durian lain yang ia tanam dengan label 'P088'. Durian jenis ini tak kalah enak sehingga jadi pemenang kedua dalam kompetisi itu.

Dengan begitu, Mad Zin mengantongi hadiah berupa uang tuna sebesar RM 1.000 (Rp 3,4 juta) untuk juara pertama dan RM 750 (Rp 2,5 juta) sebagai juara kedua.

Banyak warga yang inginkan durian milik Mad Zin teregistrasi dengan baik. Agar durian yang tak kalah enak dari Musang King itu bisa dicicip oleh warga Malaysia.

Baca juga: Kini Malaysia Punya Liqueur Durian Musang King Pertama di Dunia

Simak Video "Menikmati Dessert Durian Berbalut Emas 24 Karat, Mau?"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)