Terungkap! Ini Alasan Restoran Tawarkan Menu Spesial

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 29 Jul 2019 09:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Di restoran, tak jarang ada menu spesial dengan bahan tertentu atau yang disajikan di hari tertentu. Ternyata ada alasan mengapa restoran tawarkan menu spesial.

Kebanyakan orang senang makan di restoran dengan menu yang itu-itu saja. Sayangnya hal ini membuat pengalaman kuliner mereka tidak berkembang. Sebagai alternatif, pihak restoran pun menawarkan menu spesial. Lalu mengapa tidak dari awal? Ternyata ada alasan di balik hal tersebut.

Dikutip dari Taste of Home (28/7), salah satu alasan utama restoran memberikan menu spesial di waktu tertentu adalah agar bisa menghabiskan bahan makanan sebelum masa simpannya berakhir. Akan lebih baik jika mereka menggunakan bahan tersebut, daripada dibuang. Hal ini dibenarkan oleh chef Daniel England dari Union Kitchen & Tap.
Terungkap! Ini Alasan Restoran Tawarkan Menu SpesialFoto: iStock

Dengan menggunakan sisa bahan makanan tersebut, tidak hanya mengurangi limbah makanan, tetapi juga menghemat uang restoran.

Baca Juga: Jangan Tertipu! Restoran Pakai 12 Trik Ini untuk Kelabui Pengunjung

Alasan lain restoran memberikan menu spesial adalah, mereka menggunakan bahan musiman. Dengan bahan musiman, membuat restoran menciptakan menu baru. "Dengan bahan yang terbatas, akan menguntungkan Anda jika ada sajian yang Anda inginkan di musim tertentu, sehingga bisa dikatakan menu spesial," ungkap Alex Benes, Direktur kuliner Wood Ranch.

Di Inggris sering hadir menu spesial di akhir pekan untuk memperkaya menu restoran.
Terungkap! Ini Alasan Restoran Tawarkan Menu SpesialFoto: iStock

Dengan adanya menu spesial, itu sama saja dengan pengujian resep baru sehingga menunjukkan bahwa restoran sedang berinovasi. Hal ini juga memungkinkan chef untuk menggunakan bahan yang lebih mahal untuk menu harian mereka.

"Anda bisa mengharapkan pengunjung akan menghabiskan menu spesial lebih banyak, terutama pada akhir pekan," katanya.

Bahkan Benes juga mengatakan terkadang chef memesan menu spesial khususnya jika memakai bahan musiman. Sementara Engman kadang-kadang memesan hidangan spesial, tetapi biasanya lebih sering memilih hidangan yang sudah jadi andalan restoran.

Baca Juga: Pelayan Ini Dipecat Setelah Ketahuan Beri Makan Gratis Pada Siswa Kelaparan

Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)