Tren Resto All You Can Eat

Ini Sejarah Awal Mula Restoran Berkonsep 'All You Can Eat'

Riska Fitria - detikFood Kamis, 25 Jul 2019 19:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Resto 'All You Can Eat' jadi tren di kalangan pecinta kuliner. Pertama di Eropa, ini sejarah awal mula restoran berkonsep makan puas.

Sesuai namanya, restoran All You Can Eat (AYCE) merupakan restoran yang menerapkan konsep makan sepuasnya. Dengan sekali bayar pengunjung bisa menikmati semua hidangan menu yang tersedia di sana.

Dilansir dari Food and Wine (8/2/16) praktik AYCE pertama kali ada di Swedia sekitar abad ke-16. Saat itu orang Swedia menerapkan AYCE untuk menyambut para tamu yang datang ke sebuah pesta.
Ini Sejarah Awal Mula Restoran Berkonsep  'All You Can Eat 'Foto: iStock

Makanan yang disediakan disusun rapih di atas meja prasmanan yang biasa disebut orang Swedia dengan sebutan 'brännvinsbord'. Makanan-makanan tersebut ada mulai dari roti, mentega, keju, ikan, daging dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Bisa Makan Sushi Sepuasnya di 5 Resto All You Can Eat Ini

Kemudian pada awal abad ke-18 Swedia mengubah kata 'brännvinsbord' dengan sebutan 'smörgåsbord' untuk sajian makan malam para tamu yang datang dari berbagai daerah.
Ini Sejarah Awal Mula Restoran Berkonsep  'All You Can Eat 'Foto: Istimewa

Di sana tamu diperbolehkan untuk makan sepuasnya. Menu-menu yang tersedia juga lebih bervariasi, mulai dari menu pembuka hingga penutup.

Kepopuleran praktek AYCE hingga ke seluruh dunia ini dimulai dari adanya Olimpiade Stockholm bernama Olympiche Spiele yang diadakan pada 22 Juni - 22 Juli 1912.

Olimpiade tersebut dihadiri oleh peserta dari berbagai negara di dunia dan saat itu banyak restoran-restoran yang menjajakan makanan dengan konsep prasmanan atau sekarang dikenal dengan sebutan All You Can Eat.
Ini Sejarah Awal Mula Restoran Berkonsep  'All You Can Eat 'Foto: Istimewa

Sejak saat itu praktik AYCE pada restoran mulai ditiru oleh orang-orang di seluruh dunia dan sudah tercatat terdapat ribuan restoran prasmanan berkonsep 'All You Can Eat'.

Salah satunya di Las Vegas yang terdapat 40 restoran berkonsep AYCE. Di Indonesia sendiri bahkan ada beragam resto AYCE mulai dari yang harga yang murah hingga bintang lima.

Baca Juga : 5 Perbedaan Sajian All You Can Eat di Restoran Biasa dan Berbintang

Simak Video "Makan Puas dan Kenyang Cuma Rp 99 Ribu di Kitamura "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)