Bukan Zat Psikotropika, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Agar Berstamina

ADVERTISEMENT

Bukan Zat Psikotropika, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Agar Berstamina

Dewi Anggraini - detikFood
Kamis, 25 Jul 2019 16:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Konsumsi 7 makanan ini jika inginkan tubuh lebih berstamina meski menjalani aktivitas padat. Selain enak juga murah dan mudah didapat.

Kini marak kasus selebriti yang menggunakan zat psikotropika untuk membuat tubuhnya berstamina lantaran punya segudang aktivitas. Sebenarnya, stamina tubuh bisa dibangun dengan mengonsumsi berbagai bahan alami, seperti 7 bahan alami berikut.

1. Beras merah

Foto: Thinkstock

Agar stamina lebih terjaga, sebaiknya konsumsi sumber karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks melepaskan energi secara perlahan ke dalam darah serta memastikan energi yang ada tetap terjaga sepanjang hari. Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan vitamin B kompleks.

2. Oatmeal

Bukan Zat Psikotropika, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Agar BerstaminaFoto: iStock

Oatmeal merupakan karbohidrat yang tidak melalui proses pengolahan. Karenanya tubuh mencerna oatmeal secara perlahan. Dengan begitu, konsumsi oatmeal membuat Anda kenyang lebih lama.

"Oatmeal menyediakan energi berkelanjutan hingga berjam-jam. Karena kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi, oatmeal menyebar secara perlahan di dalam tubuh Anda dan menjaga kadar gula darah pada tingkat optimal," jelas Priya Kathpal salah seorang ahli gizi asal India seperti dilaporkan Times of India (10/12).

3. Kacang-kacangan

Bukan Zat Psikotropika, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Agar BerstaminaFoto: Thinkstock

Kacang-kacangangan kaya akan mineral dan zat besi. Keduanya membantu tubuh untuk menghasilkan sel darah merah. Sel darah merah sendiri memiliki peran penting dalam tubuh, yakni membawa oksigen ke otot saat Anda banyak melakukan aktivitas fisik. Kerananya konsumsi kacang-kacangan juga ampuh membangun stamina tubuh.

4. Kopi

Bukan Zat Psikotropika, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Agar BerstaminaFoto: iStock

Kopi dikenal sebagai penyedia energi instan. Konsumsi kopi sering disebut sebagai obat kelelahan karena memicu sistem saraf pusat. Selain itu, kopi juga bisa membuat Anda tetap berenergi dan aktif sepanjang hari.

Baca juga: Wah! Nasi yang Ditaburi Bumbu Ini Bisa Bikin Pria Lebih 'Greng'

5. Sayuran hijau

Bukan Zat Psikotropika, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Agar BerstaminaFoto: Istimewa

Stamina yang kurang bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zat besi. Saat tubuh kekurangan zat besi, hemoglobin dalam tubuh berjuang cukup keras untuk menjalankan fungsinya. Itu terjadi karena kurangnya asupan oksigen dalam tubuh.

Nah, sayuran hijau jadi bahan alami yang ampuh mengatasi hal ini. Itu karena sayuran hijau mengandung zat besi dan serat yang bisa menambah sel darah merah hingga membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh.

6. Pisang

Bukan Zat Psikotropika, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Agar BerstaminaFoto: Istock

Pisang jadi pilihan tepat jika inginkan tubuh berstamina dan sehat. Pisang kaya akan potasium, karbohidrat kompleks sekaligus serat. Selain itu, pisang juga bisa meningkatkan pelepasan dopamin hingga tubuh terasa ringan saat menjalani aktivitas yang padat.

7. Sumber hewani

Bukan Zat Psikotropika, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini Agar BerstaminaFoto: iStock

Daging tanpa lemak, ikan, ayam, dan telur jadi makanan kaya protein yang penting dalam pembentukan otot tubuh. Selain itu, konsumsi daging tanpa lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh.

"Daging tanpa lemak, ikan, ayam, dan telur kaya protein. Makanan ini penting untuk pertumbuhan, pembentukan, dan perbaikan otot. Daging membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat Anda merasa kenyang dan aktif sepanjang hari," jelas Smruti Gokhale seorang ahli nutrisi asal India.

Baca juga: 6 Makanan Ini Terpercaya Sebagai Penambah Stamina Pria Agar Tak Cepat Loyo

Simak Video "Bikin Laper: Pedas Nikmat Ayam Geybok Bang Jarwo"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT