Khusus Buat Vegan, Ini 'Carrot Dog', Sosis Hot Dog Berupa Wortel

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 24 Jul 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Restoran ini menyajikan hot dog khusus vegan. Tak ada kandungan daging pada sosis hot dog, melainkan wortel yang sehat.

Kini ada banyak alternatif daging hewani yang ramah lingkungan. Kebanyakan terbuat dari buah dan sayuran. Misalnya tahun 2018 lalu, salah satu restoran di New York membuat daging steak dari semangka.

Sepintas, kreasi unik itu tampak seperti sepotong steak biasa. Begitu dipotong, warna merah khas semangka pun terlihat seperti beef steak dengan tingkat kematangan rare. Steak semangka ini disebut 'watermelon steak' dan tersedia di Ducks Eater di wilayah East Village, New York.

Khusus Buat Vegan, Ini 'Carrot Dog', Sosis Hot Dog Berupa WortelFoto: Foodbeast

Adalah Samantha Wasser, pendiri CHLOE yang menciptakan Watermelon Ham. Saat itu ia bekerja sama dengan Ducks Eatery, restoran lain dari Harry & Ida's yang dimiliki Will & Julie Horowitz.

Baca Juga: Terbaru! Ada Steak Vegan yang Terbuat dari Buah Semangka

Foodbeast (22/7) melaporkan, kini Samantha menghadirkan kreasi daging terbaru, yaitu hot dog yang biasanya terbuat dari daging hewani kini terbuat dari wortel. Kali ini Samantha bekerja sama dengan Harry & Ida's Meat & Supply Co dan pemegang dari Guinness World Record yaitu Takeru Kobayashi.

Khusus Buat Vegan, Ini 'Carrot Dog', Sosis Hot Dog Berupa WortelFoto: Istimewa

Daging yang terbuat dari wortel ini diberi nama 'Carrot Dog'. Daging ini pada umumnya terbuat dari wortel 100%, tanpa diolah. Wortelnya juga dipilih sendiri lalu diasap hingga lima hari supaya bumbunya meresap.

"Tujuan kami adalah menghidangkan para tamu pilihan makanan nabati namun memuaskan tanpa rasa buatan atau bahan-bahan asing, dan Carrot Dog sangat cocok menurut saya. Saya benar-benar kagum oleh kreativitas Will & Julie, kami perlu memperkenalkan Carrot Dog kepada dunia," ujar Samantha.

Khusus Buat Vegan, Ini 'Carrot Dog', Sosis Hot Dog Berupa WortelFoto: Istimewa

Sebelum proses pembuatannya, wortel sengaja dipetik dengan tangan, dipilih yang ukurannya pas lalu diberi bumbu. Mulai dari garam, merica, bawang putih dan oregano, kemudian diasapi di atas kayu maple. Lima hari kemudian, wortel ini dibuat menyerupai seperti sosis pada hot dog tradisional umumnya. Kemudian, carrot dog dipanggang.

Takeru Kobayashi selaku pemegang Guinness World Record yang biasa menjalani pola makan nabati di setiap kompetisi mengatakan, "Sebagai ahli hot dog, saya telah melihat dan mencoba banyak hot dog vegetarian. Menurut saya pribadi, saya belum menemukan rasa yang nikmat selain carrot dog dari CHLOE ini. Rasa berasap wortel dalam roti ini adalah sesuatu yang sangat unik dan berbeda, dan saya suka ini karena dibuat hanya dengan wortel tanpa bahan olahan."

Carrot dog ini telah tersedia di beberapa negara sejak 1 Juli 2019. Rencananya carrot dog akan dijual dengan harga $ 6,75 atau sekitar Rp 94 ribu. Tertarik coba?

Baca Juga: Wouw! Daging Ham Ini Berhasil Terjual Seharga Rp 408 Miliar



Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/adr)