Ilmuwan Ungkap Cara Bikin Crepes yang Mulus dan Tipis

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 22 Jul 2019 19:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Para ilmuwan temukan cara untuk memasak crepes dengan hasil adonan rata dan tipis. Tak perlu wajan khusus, cukup wajan datar biasa saja!

Crepes merupakan dadar tipis khas Prancis. Kini jadi salah satu camilan favorit di dunia. Ada yang dibuat dengan paduan bahan yang gurih rasanya dan ada juga yang memakai aneka saus dan es krim sebagai pelengkapnya.

Ilmuwan Ungkap Cara Bikin Crepes yang Mulus dan TipisFoto: detikFood/iStock

Harganya yang tergolong mahal membuat sebagian pencintanya membuat crepes sendiri. Dengan adonan crepes kemasan, tiap orang dengan mudah membuat crepes sendiri.

Meski begitu, banyak orang yang mengaku sulit membuat crepes setipis gerai crepes. Sebab tiap crepes dibuat menggunakan wajan datar biasa.

Baca juga: Crepes

Ilmuwan Ungkap Cara Bikin Crepes yang Mulus dan TipisFoto: Delish

Adonan crepes yang tidak terlalu encer jadi sulit menyebar ke seluruh permukaan wajan datar. Karenanya crepes tidak tipis merata dan tidak bisa kering seluruhnya.

Perbedaan ini terjadi lantaran gerai crepes membuat dadar gaya Prancis tersebut dengan alat pemanggang dan pisau khusus. Pisau panas inilah yang digunakan untuk meratakan sekaligus menipiskan adonan crepes saat dituang di atas wajan.

Suhu panas yang ada pada pisau panjang itu juga memiliki pengaruh besar dalam membuat adonan tersebar secara merata. Crepes yang dihasilkan dijamin tipis tanpa adanya adonan yang menggumpal di beberapa sisi.

Ilmuwan Ungkap Cara Bikin Crepes yang Mulus dan TipisFoto: detikFood/iStock

Lalu, apakah bisa membuat sendiri crepes setipis dan serata gerai crepes? Tentunya tanpa pisau khusus dan dengan wajan biasa? Ternyata jawabannya, bisa!

Hal itu diungkap oleh seorang ilmuwan lewat sebuah penelitian yang dimuat dalam Physical Review Fluids. Dikutip dari Foodbeast (20/7), salah satu penulis penelitian bernama Mathieu Sellier dari University of Canterbury di New Zealand menyebut jika awal penelitian ini dilakukan berkat imbauan sang istri.

"Istri saya mengatakan sebagai seorang fluida dinamis, harusnya saya bisa memecahkan masalah ini," cerita Sellier di mana saat itu istrinya kesulitan memasak crepes di rumah dengan wajan datar biasa.

"Fenomena fisik utama yang mendasari pembuatan crepes melibatkan interaksi lapisan cair dengan kinematika substrat dan pemadatan lapisan cair," tulis para penulis dalam laporan tersebut.

Ilmuwan Ungkap Cara Bikin Crepes yang Mulus dan TipisFoto: detikFood/iStock

Masalah utama dari kegagalan membuat crepes di rumah ialah karena adonan crepes dituangkan di bagian tengah wajan. Lalu akan menyebar begitu Anda memutar wajan. Sebarannya tidak akan merata karena panci diputar dalam keadaan panas sehingga beberapa adonan justru matang lebih dulu.

Untuk menyiasati hal ini, para peneliti menyarankan untuk tidak memutar panci dalam putaran satu arah. Tapi sebaiknya putar panci dengan gerakan membentuk angka delapan. Menurut mereka, putaran seperti itu akan lebih meratakan adonan crepes di atas wajan.

Atau cara lain seperti disebut Nicole Sharp di FYFD, "Untuk membuat crepes yang optimal, tuangkan adonan ke bagian tengah wajan. Kemudian segera miringkan panci ke satu sisi untuk menyebar adonan ke bagian ujung. Agar panci tetap miring, putar sekali lagi untuk mengisi seluruh lingkaran. Kemudian lanjutkan rotasi di lereng yang lebih kecil untuk mengisi lubang yang tersisa sampai panci mendatar dan crepes matang."

Baca juga:Dari China hingga Malaysia Ini 7 Crepes Enak Mancanegara

Simak Video "Nyam! Ngemil Crepe dan Galette Autentik dari Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)