Enak dan Nyaman! Ini 5 Resto yang Tawarkan Menu Khas Jawa

Riska Fitria - detikFood Minggu, 21 Jul 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Weekend ini paling enak makan sederhana bareng keluarga di resto tradisional khas Jawa. Rasanya lezat bikin nagih dan harganya murah.

Beberapa restoran ini memiliki gaya tradisional khas Jawa, bukan hanya pada gaya bangunannya, tetapi juga pada menu nya. Mulai dari nasi liwet hingga empal juga tersedia di sini. Berikut 5 restoran tradisional khas Jawa yang ada di kawasan Jakarta.

1. Warung Daun
Enak dan Nyaman! Ini 5 Resto yang Tawarkan Menu Khas JawaFoto: Open rice

Warung Daun dikenal sebagai restoran yang menawarkan berbagai varian masakan tradisional khas Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Cikini Raya No.26, Menteng, Jakarta Pusat cocok untuk makan bernama keluarga. Desain restoran ini mengingatkan bangunan pada aman Belanda dahulu.

Terdapat banyak menu yang ditawarkan disini, mulai dari sajian ayam dan bebek, sayur mayur, udang dan cumi dan masih banyak lagi. Menu yang paling banyak dicari adalah nasi bebek. Menu tersebut dimasak sendiri oleh pelayan di restoran ini. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp.30.000 hingga Rp.150.000

2. Waroeng Eddy
Enak dan Nyaman! Ini 5 Resto yang Tawarkan Menu Khas JawaFoto: Open rice

Waroeng Eddy dikenal dengan restoran keluarga yang sederhana. Meskipun begitu, menu yang ditawarkan dijamin bisa buat pelanggannya ketagihan. Lokasinya berada di Jalan Pesanggrahan No.3E, Puri, Jakarta Barat. Resto ini buka mulai dari jam 08.30 pagi hingga pukul 9 malam.

Menu yang paling populer adalah nasi liwet dengan telur dadar olor dari olahan telur dengan sumsum tulang sapi. Selain itu juga ada campuran sayur labu, ayam suwir, kuah kuning dan tahu. Lengkap dengan bakwan goreng. Nasi liwet tersebut populer lantaran kuahnya terasa gurih dan manis. Harga yang ditawarkan untuk satu orangnya hanya sekitar Rp. 50.000.

Baca Juga : Ternyata Makan di Rumah Jauh Lebih Enak Daripada Makan di Resto, Ini Sebabnya

3. Tawangmangu Terrace
Enak dan Nyaman! Ini 5 Resto yang Tawarkan Menu Khas JawaFoto: Open rice

Berlokasi di Jalan Tomang Raya No. 54, Palmerah, Jakarta Barat, resto Tawangmangu Terrace ini baru dibuka tahun 2014 lalu. Tawangmangu Terrace menawarkan berbagai sajian khas Jawa, khususnya kota Solo, Jawa Tengah. Selain makanan, di sana juga menawarkan beberapa koleksi batik khas Solo.

Menu-menu khas Jawa tersebut ada mulai dari brambang asem, tengkleng. nasi liwet solo, selat solot, nasi goreng kemangi dan masih banyak lagi. Menu yang paling banyak dipesan oleh pelanggan adalah menu nasi liwa Solo dan selat solo. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, yaitu sekitar Rp.50.000. Resto ini buka mulai dari jaam 10 pagi hingga 10 malam.

4. Gula Merah
Enak dan Nyaman! Ini 5 Resto yang Tawarkan Menu Khas JawaFoto: dok.detikFood

Dikenal sebagai surganya makanan tradisional Indonesia, resto Gula Merah memiliki 3 cabang, yaitu di Stiabudi One, Bintaro Jawa Xchange, dan Mall Alam Sutera. Dinamakan 'Gula Merah' lantaran menu makanan yang ditawarkan di sini menggunakan bahan dasar gula merah.

Menu yang direkomendasikan adalah sajian empal. Daging empal di sini terasa juicy dan lembut. Sajian tersebut dikemas secara tradisional, yaitu dengan menggunakan daun pisang. Resto ini buka mulai dari jam 9 pagi hingga 9 malam.

5. Selera Meneer
Enak dan Nyaman! Ini 5 Resto yang Tawarkan Menu Khas JawaFoto: Open rice

Selera Meneer punya sajian menu tradisional khas Semarang. Restorannya punya suasana yang nyaman dan cocok untuk kumpul-kumpul saat acara keluarga. Berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan No.30, Jakarta, resto ini buka mulai dari pukul 11 siang hingga 9 malam.

Selain makanan khas Semarang, Selera Meneer juga menawarkan menu chinese. Biasanya pelanggan yang datang ke sini kebanyakan memesan menu bistik ayam maneer. Menu tersebut berupa dada ayam fillet, sayuran, kentang, dan asinan. Kemudian disiram dengan saus manis gurih yang bikin ketagihan.

Baca Juga : Yuk, Bikin Sendiri 5 Sajian Populer Restoran Jepang! (raf/odi)