Mantan Juara Tinju Ini Alih Profesi Jadi Pembuat Kue Pengantin Megah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 17 Jul 2019 15:15 WIB
Foto: Instagram Renat Agzamov Foto: Instagram Renat Agzamov
Jakarta - Pastry chef ini memiliki latar belakang tak biasa. Sebelum jago membuat ragam kue pengantin megah, ia adalah juara tinju terkenal.

Adalah Renat Agzamov, juara tinju asal Rusia yang kini dikenal sebagai "celebrity cake maker" dengan karya bernilai ribuan dollar. Dikutip dari Oddity Central (17/7), sebelum menekuni hobi olahraga khususnya tinju, Agzamov ternyata sudah suka membuat kue sejak usia 7. Total ia mengklaim sudah membuat lebih dari 2.700 kue sejak kecil hingga sekarang.

Dalam perjalanan hidupnya, Agzamov merasa bahwa membuat kue ternyata selalu jadi minat terbesarnya. Kini ia pun sukses dikenal sebagai pembuat cake artisan, khususnya kue pengantin, yang rumit dan kerap dipesan para orang kaya di dunia.

Mantan Juara Tinju Ini Alih Profesi Jadi Pembuat Kue Pengantin MegahFoto: Instagram Renat Agzamov

Total sudah lebih dari 30 tahun Agzamov membuat kue. Ia telah memenangkan beberapa kompetisi selama beberapa tahun. Namun namanya baru melesat di internasional saat karya Agzamov banyak diulas di media sosial, terutama Instagram.

Baca Juga: Mewah! Cake Isi Cokelat Ruby dan Emas Ini Seharga Motor

Dalam sebuah wawancara, Agzamov mengatakan kehadiran Instagram mempercepat ketenarannya. Ia kini memiliki lebih dari 2 juta followers di media sosial populer ini. Secara rutin Agzamov mengunggah foto-foto kue buatannya.

Agzamov mengaku rahasia suksesnya di dunia pastry adalah pengalaman dan 'kehausannya' akan pengetahuan. Dulu saat pertama kali kerja, Agzamov memilih sebuah kafe dessert di Krasnogorsk, hanya saja ia tidak dibayar sama sekali. Saat itu usianya masih muda, ia pun mau bekerja sukarela guna meningkatkan keterampilannya.

Mantan Juara Tinju Ini Alih Profesi Jadi Pembuat Kue Pengantin MegahFoto: Instagram Renat Agzamov

Lalu setiap kali melintasi tempat penjualan kue dan Agzamov melihat hal baru yang tidak ia tahu cara membuatnya, ia akan coba bekerja di tempat itu. Tujuannya hanya satu yaitu mempelajari rahasia pembuatan kue atau pastry dan bagaimana menjualnya.

"Tidak ada yang akan memberitahumu hal-hal seperti itu," kata Agzamov. "Jadi dalam enam bulan pertama saya di Moscow, saya berganti tujuh pekerjaan. Saya mendapatkan apa yang saya butuhkan dan saya pergi. Itu mungkin tidak sepenuhnya bagus, tetapi saya sangat terobsesi dengan proses pembelajaran," lanjutnya.

Baca Juga: Cerita Cakery yang Bikin Kue Pengantin 'Princess' Rachel Vennya dan Sandra Dewi

Mantan Juara Tinju Ini Alih Profesi Jadi Pembuat Kue Pengantin MegahFoto: Instagram Renat Agzamov

Puncaknya pada tahun 2018, nama Agzamov disebut-sebut dalam berita utama internasional. Ia membuat kue pengantin megah setinggi hampir 4 meter dengan biaya pembuatan USD 179.000 atau sekitar Rp 2,5 miliar.

Tema kue pengantin itu adalah kastil dongeng, lengkap dengan lusinan menara rumit, balkon, patung-patung kecil, dan pencahayaan sebagai interiornya. Berat kue pengantin Agzamov mencapai 1.500 kilo gram untuk disajikan di pernikahan orang kaya di Kazakhstan.

Tak hanya kue pengantin yang megah dan rumit, Agzamov juga bisa membuat kue-kue manis untuk ulang tahun anak. Karakter yang ia ciptakan terlihat nyata dan menggemaskan.



Simak Video "Cantiknya Puluhan Kue Pengantin dengan Dekorasi Menarik"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)