Didemo Pencinta Hewan, Peternak Anjing Ini Malah Sengaja Makan Daging Anjing

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 16 Jul 2019 19:28 WIB
Foto: Daily Mail Foto: Daily Mail
Jakarta - Para peternak anjing di Korea Selatan sengaja memakan daging anjing rebus saat berunjuk rasa. Hal itu terjadi sebagai aksi protes balasan dari aktivis pencinta hewan.

Para aktivis yang tergabung dalam 'Last Chance for Animals' mengadakan demonstrasi di depan Majelis Nasional Korea Selatan lapor Daily Mail (12/7). Mereka menentang praktik penjagalan anjing hingga konsumsi daging hewan berbulu itu di Negeri Ginseng.

Didemo Pencinta Hewan, Peternak Anjing Ini Malah Sengaja Makan Daging AnjingFoto: Daily Mail

Aktris Hollywood Kim Basinger turut mengikuti unjuk rasa tersebut. Papan orasi yang mereka bawa bertulis kalimat, 'Berapa juta anjing lagi yang harus mati untuk mengakhiri konsumsi daging anjing?'.

Di luar dugaan, para peternak anjing yang menentang hal itu turut mengadakan aksi demo di lokasi yang sama hanya di tempat berbeda. Mereka mengenakan bandana merah bertuliskan kata 'Lawan' dan 'Persatuan'.

Baca juga: Sup Daging Anjing dan Ikan Penis, Makanan Paling Ekstrim di Korea Selatan

Didemo Pencinta Hewan, Peternak Anjing Ini Malah Sengaja Makan Daging AnjingFoto: Daily Mail

Berbeda dengan para aktivis, peternak anjing yang ada justru tidak meneriakkan keinginan mereka. Para peternak anjing itu justru memakan anjing rebus, seolah memperolok para aktivis yang berorasi.

Mereka memakan sajian yang umum disebut 'Gaegogi' di Korea Selatan itu. Lengkap dengan aneka lauk lain berupa sayuran, sambal, dan minuman ringan kalengan.

Disisi lain, Kim Basigner dan para aktivis lain justru menggendong badan anjing buatan yang terlihat menyedihkan.

Didemo Pencinta Hewan, Peternak Anjing Ini Malah Sengaja Makan Daging AnjingFoto: Daily Mail

Sebelumnya, Kim sudah melayangkan protes terkait konsumsi daging anjing di Korsel tahun lalu. Ia mengajukannya langsung di luar gedung konsulat Korea Selatan di Los Angeles. Ia meminta pemerintahan Korsel untuk 'mengakhiri kekejaman terhadap anjing'.

Daging anjing adalah makanan umum di Korea Selatan, dan sekitar satu juta anjing dikonsumsi di negara itu setiap tahun.

Didemo Pencinta Hewan, Peternak Anjing Ini Malah Sengaja Makan Daging AnjingFoto: Daily Mail

Tahun lalu, kompleks Taepyeong-dong pusat peredaran daging anjing untuk kebutuhan restoran di seluruh Korsel yang menampung setidaknya enam rumah jagal, sekaligus tempat penampungan sekian ratus hewan berkaki empat itu akhirnya resmi ditutup. Itu merupakan tempat penjagalan anjing terbesar di Korea Selatan.

Meski begitu, masih banyak restoran yang menyediakan gaegogi dalam buku menunya. Selain karena sudah terbiasa, konsumsi daging anjing disebut ampuh tingkatkan stamina pria dewasa.

Baca juga: Sudah Dilarang, Resto di Korsel Masih Jual Daging Anjing Saat Olimpiade (dwa/odi)