Sering Main Ponsel di Malam Hari? Bisa Sebabkan Ngidam Makanan Manis

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 14 Jul 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak orang yang bermain ponsel sebelum tidur. Ternyata hal ini dapat memicu tubuh untuk menginginkan makanan manis di malam hari lho.

Menurut penelitian terbaru yang dilansir dari Daily Mail UK (09/07), menatap layar biru dalam ponsel atau tablet di malam hari dapat menimbulkan keinginan untuk menyantap makanan manis. Di mana hal ini mempengaruhi kenaikan berat badan.

Baca Juga: Lewat Aplikasi Ini Bisa Cari Pasangan Sesuai Isi Makanan di Kulkas
Sering Main Ponsel di Malam Hari? Bisa Sebabkan Ngidam Makanan ManisFoto: Istimewa

Terpapar cahaya biru selama satu jam, atau terpapar sinar dari alat teknologi ternyata memiliki pengaruh peningkatan nafsu makan. Lewat penelitian yang dilakukan oleh University of Strasbourg dan University of Amsterdam, mereka menemukan bahwa cahaya ini dapat mendorong seseorang untuk menyantap makanan tak sehat di keesokan harinya.

Penelitian yang dipimpin oleh Anayanci Masis-Vargas ini, menjelaskan bahwa tikus-tikus yang mereka gunakan sebagai objek penelitian, memiliki peningkatan nafsu makan setelah terpapar cahaya biru di malam hari. Mereka memperhatikan makanan apa yang dipilih oleh tikus-tikus tersebut

Agar hasil penelitiannya lebih akurat, para peneliti sengaja membuat beberapa tidur pada siang hari, dan baru tidur saat malam hari untuk menyesuaikan ritme kebiasaan manusia.
Sering Main Ponsel di Malam Hari? Bisa Sebabkan Ngidam Makanan ManisFoto: Istimewa

Kemudian tikus-tikus ini diberikan empat pilihan makanan, seperti makanan sehat bernutrisi, makanan penuh lemak, minuman tinggi gula, dan air putih.

Setelah melalui masa paparan cahaya, para tikus jantan ternyata lebih banyak memilih minuman tinggi gula, dibandingkan saat mereka tidak terpapar cahaya biru pada malam sebelumnya.

Cahaya biru ini ternyata turut mempengaruhi kadar glukosa di tikus jantan. Di mana gula darah mereka terpacu di luar batas normal, sehingga menjadi tanda peringatan pra-diabetes.

Bukti ini mengarah bahwa menggunakan layar ponsel atau alat teknologinya pada malam hari, berpengaruh untuk mendorong tikus mengonsumsi makanan tinggi gula, di mana tubuh mereka tidak bisa mencernanya secara sempurna.
Sering Main Ponsel di Malam Hari? Bisa Sebabkan Ngidam Makanan ManisFoto: Istimewa

Meski pun para tikus ini hanya di tes dalam waktu satu hari, tapi para peneliti percaya bahwa paparan sinar di malam hari, dapat mempengaruhi kebiasaan seseorang. Di mana kebiasaan ini bisa memicu kenaikan berat badan, dan peningkatan diabetes.

Penelitian ini bukan pertama kalinya yang membahas hubungan cahaya artifisial dengan kebiasaan makan. Sebelumnya penelitian dari Institute de Neurosciences Cellulaires et Int├ęgratives Strasbourg, Prancis, menunjukkan adanya hubungan peningkatan makan setelah retina mata terpapar cahaya artifisal.

Baca Juga: Restoran Ini Larang Pengunjungnya Gunakan Ponsel Selama Makan

(sob/odi)