Keren! Makanan Tinggi Protein Ini Dibuat dengan Listrik, Air dan Udara

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 14 Jul 2019 09:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Solein disebut sebagai sumber protein paling ramah lingkungan di dunia. Terbuat dari bahan istimewa, solein menggabungkan listrik, air dan udara dalam pembuatannya.

Kemajuan teknologi membuat para ilmuwan dan peneliti bisa mengembangkan produk makanan yang lebih baik. Salah satunya Solein yang berasal dari Finlandia. Makanan berupa bubuk ini dideskripsikan sebagai sumber protein paling ramah lingkungan.

Dikutip dari Oddity Central (11/7), Solein dibuat dengan cara menghantarkan listrik ke air untuk melepaskan gelembung karbon dioksida dan hidrogen. Mikroba hidup lalu dimasukkan ke cairan untuk memberi makan karbon dioksida dan gelembung hidrogen, serta menghasilkan Solein yang dikeringkan menjadi bubuk.

Keren! Makanan Tinggi Protein Ini Dibuat dengan Listrik, Air dan UdaraFoto: Istimewa

Pada dasarnya, proses ini berupa fermentasi alami yang mirip dalam pembuatan bir. Hanya saja membutuhkan reaktor khusus yang dikabarkan menyerupai lentera topan.

Baca Juga: 5 Makanan Canggih Ini Diprediksi Akan Menjadi Tren Makanan di Masa Depan

Solein kering memiliki kandungan protein 50 persen. Bentuk dan rasanya menyerupai tepung gandum. Solein masuk dalam kategori makanan yang bisa dimakan di hampir semua jenis pola makan. Solein bahkan bisa dicetak 3 dimensi untuk menambahkan teksturnya.

Keren! Makanan Tinggi Protein Ini Dibuat dengan Listrik, Air dan UdaraFoto: Istimewa

"Solein adalah jenis makanan yang benar-benar baru, jenis protein baru. Berbeda dengan semua makanan di pasaran saat ini. Terutama dalam cara produksinya yang tidak memerlukan pertanian atau akuakultur," kata Dr Pasi Vainikka dari Solar Foods yang memproduksi Solein.

Menurutnya Solein adalah solusi makanan yang menyehatkan sekaligus ramah lingkungan. Proses produksinya, per hektar 10 kali lebih hemat energi daripada fotosintesis. Dan 10 hingga 100 kali lebih ramah lingkungan dalam penggunaan air dibanding produksi makanan hewani atau nabati.

Baca Juga: Ide Keren Nih, Atasi Limbah Makanan Dengani Bantuan 300 Juta Kecoa!

Keren! Makanan Tinggi Protein Ini Dibuat dengan Listrik, Air dan UdaraFoto: Istimewa

"Salah satu alasan mengapa daging menjadi sangat penting bagi diet kita adalah karena merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Solein - protein yang diproduksi oleh Solar Foods - juga mengandung semua asam amino esensial, tetapi karena diproduksi menggunakan karbon dioksida dan listrik. Solein tidak memerlukan tanah dalam jumlah besar untuk diproduksi," jelas situs Solar Foods.

Mereka juga mengklaim Solein dapat mengambil karbon langsung dari karbon dioksida tanpa membutuhkan gula. Meski begitu, Solar Foods tidak berharap Solein bisa langsung menyaingi produksi daging dalam dua dekade ke depan.

Perusahaan yang berbasis di Helsinki ini berencana untuk membuka pabrik Solein pertamanya pada akhir 2021 dan meningkatkan produksi menjadi dua miliar makanan per tahun pada 2022.

(adr/odi)